Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Pada Siswa Kelas VII SMPN 03 Brebes.


Naurma Liezza , 4201407058 (2011) Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Pada Siswa Kelas VII SMPN 03 Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7531.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran umumnya masih berlangsung secara konvensional. Pemberian mata pelajaran IPA di SMP dimaksudkan untuk pengembangan ketrampilan berpikir. Oleh sebab itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang mampu mengembangkan ketrampilan berpikir dan pengembangan pemecahan masalah secara ilmiah. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan problem solving yang mampu membentuk siswa agar lebih terampil dalam proses pemecahan masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Brebes tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel, yaitu kelas VII D sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII E sebagai kelompok kontrol yang dipilih secara random sampling. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Uji statistika yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t pihak kanan. Hasil belajar kelompok eksperimen mengalami peningkatan akibat pengaruh pembelajaran dengan penerapan pendekatan problem solving dengan hasil perhitungan gain sebesar 0,52. Hasil analisis statistik dengan menggunakan uji t terhadap data hasil belajar siswa diperoleh thitung =6,896 dan ttabel = 1,9995 dengan α = 5%, dk = 68. Karena data diperoleh thitung > ttabel berarti H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan berupa pembelajaran fisika pada pokok bahasan gerak dengan pendekatan problem solving. Saran yang dapat diberikan setelah melakukan penelitian ini adalah metode pembelajaran fisika pada pokok bahasan gerak dengan pendekatan problem solving dapat digunakan guru mata pelajaran fisika sebagai alternatif metode pembelajaran yang mampu memecahkan masalah pada pembelajaran fisika yang cenderung selalu dikaitkan dengan rumus-rumus, karena terbukti mampu menghasilkan hasil belajar yang lebih baik. Namun diperlukan ketrampilan guru dan keaaktifan guru dalam mengolah pembelajaran dengan pendekatan problem solving agar lebih efektif dan berjalan dengan lancar dan hasil yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Hasil belajar, Fisika
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 27 Oct 2011 05:28
Last Modified: 27 Oct 2011 05:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6384

Actions (login required)

View Item View Item