PELAKSANAAN PENERTIBAN TANAH TERINDIKASI TERLANTAR HAK GUNA BANGUNAN PT. SAMJI SENGON MAKMURINDO DI KABUPATEN DEMAK OLEH KANTOR WILAYAH BADAN PERTANAHAN NASIONAL PROVINSI JAWA TENGAH


Naufal Falah Zain, 8111419137 (2023) PELAKSANAAN PENERTIBAN TANAH TERINDIKASI TERLANTAR HAK GUNA BANGUNAN PT. SAMJI SENGON MAKMURINDO DI KABUPATEN DEMAK OLEH KANTOR WILAYAH BADAN PERTANAHAN NASIONAL PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 8111419137_ - Naufal Falah Zain.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Zain, Naufal Falah.2023. Pelaksanaan Penertiban Tanah Terindikasi Terlantar Hak Guna Bangunan PT. Samji Sengon Makmurindo di Kabupaten Demak Oleh Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah. Skripsi Bagian Hukum Perdata Agraria. Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Aprila Niravita, S.H., M.Kn. Kata Kunci: Pelaksanaan Penertiban Tanah Terlantar, Tanah Terindikasi Terlantar, Hak Guna Bangunan. Peraturan Pemerintah Nomor 20 tahun 2021 tentang Penertiban Kawasan dan Tanah Terlantar menjelaskan bahwa tanah yang terindikasi terlantar adalah tanah yang diduga sengaja tidak diusahakan, tidak dipergunakan, tidak dimanfaatkan, dan tidak dipelihara oleh pemegang hak. Tindakan penelantaran tanah merupakan tindakan yang merugikan berbagai pihak. Sehingga perlu adanya penertiban terhadap tanah-tanah yang terindikasi terlantar salah satunya tanah hak guna bangunan No.3/Tambakroto. Melalui latar belakang tersebut dirumuskan masalah (1) Bagaimana pelaksanaan penertiban tanah terindikasi terlantar Hak Guna Bangunan PT. Samji Sengon Makmurindo di Kabupaten Demak oleh Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah? (2) Apa kendala yang dihadapi oleh Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah dalam pelaksanaan penertiban tanah terindikasi terlantar Hak Guna Bangunan PT. Samji Sengon Makmurindo? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif yang di dukung dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian yang berlokasi di Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah ini memiliki fokus penelitian pelaksanaan penertiban tanah terindikasi terlantar dan kendala yang dihadapai dalam pelaksanaan penertiban tanah terindikasi terlantar menggunakan sumber data primer, data sekunder, dan data tersier. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Pelaksanaan penertiban tanah terindikasi terlantar hak guna bangunan PT. Samji Sengon Makmurindo secara keseluruhan telah dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 20 tahun 2021 tentang Penertiban Kawasan dan Tanah Terlantar. Pelaksanaan penertiban tanah terindikasi terlantar hak guna bangunan PT. Samji Sengon Makmurindo telah dilaksanakan dengan tahapan kegiatan inventarisasi, tahapan evaluasi serta tahapan peringatan pertama oleh Kanwil BPN Provinsi Jawa Tengah. Pada faktanya hingga tahapan peringatan pertama, PT. Samji Sengon Makmurindo belum mengusahakan dan mempergunakan tanahnya kembali sesuai dengan peruntukan awal tanah. (2) adanya kendala dalam pelaksanaan penertiban tanah terindikasi terlantar yaitu kendala eksternal meliputi kurangnya komunikasi dari pemegang hak, tidak diketahui atau tidak sesuainya alamat pemegang hak, serta kurangnya kepedulian pemegang hak terhadap tanahnya, dan terdapat kendala internal yaitu terkait anggaran pelaksanaan penertiban tanah terindikasi terlantar yang hanya diberikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:21
Last Modified: 02 Sep 2024 08:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63768

Actions (login required)

View Item View Item