Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif untuk Menemukan Masalah Utama dengan Menggunakan Metode P2R Siswa Kelas VIII 3 SMP Muhammadiyah 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012


Imam Setyawan , 2101405072 (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif untuk Menemukan Masalah Utama dengan Menggunakan Metode P2R Siswa Kelas VIII 3 SMP Muhammadiyah 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8480.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Membaca ekstensif memiliki peranan yang sangat penting dalam proses belajar siswa. Kegiatan membaca yang dilakukan dengan membaca ekstensif dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Namun, pembelajaran membaca ekstensif yang dilakukan di sekolah belum mendapat perhatian yang cukup. Hal ini terjadi di SMP Muhammadiyah 4 Semarang pada siswa kelas VIII 3. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti, diperoleh fakta bahwa pembelajaran membaca ekstensif dilakukan secara konvensional. Siswa di SMP Muhammadiyah 4 semarang pun mengalami kesulitan dalam hal pemahaman terhadap aspek-aspek dalam membaca ekstensif. Selain itu, minat belajar siswa kurang sehingga hasil belajar yang dicapai masih rendah. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode, dan yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa, yaitu dengan menggunakan metode P2R yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan membaca ekstensif pada siswa kelas VIII 3 SMP Muhammadiyah 4 Semarang. Berdasarkan latar belakang masalah, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran membaca ekstensif, peningkatan keterampilan membaca ekstensif, dan perubahan perilaku siswa kelas VIII 3 SMP Muhammadiyah 4 Semarang setelah mengikuti pembelajaran membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama dengan menggunakan metode P2R. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi proses pembelajaran membaca ekstensif, peningkatan keterampilan membaca ekstensif, dan perubahan perilaku siswa kelas VIII 3 SMP Muhammadiyah 4 Semarang setelah mengikuti pembelajaran membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama dengan menggunakan metode P2R. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 70. Subjek dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama dengan menggunakan metode P2R pada siswa kelas VIII 3 SMP Muhammadiyah 4 Semarang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII 3 SMP Muhammadiyah 4 Semarang dengan jumlah 44 siswa, terdiri atas 28 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama dengan menggunakan metode P2R. Teknik nontes berupa pedoman observasi, pedoman jurnal guru dan siswa, pedoman sosiometri, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama dengan mengunakan metode P2R. Peningkatan keterampilan membacakan teks berita pada siswa kelas VIII 3 SMP Muhammadiyah 4 Semarang, setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode P2R. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes yang dilakukan pada siswa kelas VIII 3 SMP Muhammadiyah 4 Semarang yang meliputi tes prasiklus, tes siklus I, dan tes siklus II. Pada tes prasiklus, siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 61,91, sedangkan pada siklus I, hasil tes siswa mencapai rata-rata sebesar 65,86. Berdasarkan hal tersebut, terjadi peningkatan sebesar 3,95 atau 8,98%. Pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 78,41 dan termasuk dalam kategori baik, sehingga terjadi peningkatan sebesar 12,05 atau 27,39% yaitu dari 66,47 di siklus I menjadi 79,56 di siklus II. Hasil tes siklus II tersebut, menunjukkan bahwa dari 44 siswa, 40 siswa dinyatakan tuntas dan 4 siswa belum tuntas karena belum mencapai nilai KKM yaitu 70. Persentase ketuntasan mencapai 88,24%, ini menunjukkan bahwa target ketuntasan siswa yaitu lebih dari 80% siswa tuntas, telah tercapai. Perilaku siswa juga mengalami perubahan menjadi lebih baik. Perubahan perilaku tersebut menunjukkan perubahan ke arah positif setelah dilaksanakan pembelajaran membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama dengan menggunakan metode P2R. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan metode P2R sebagai alternatif dalam pembelajaran membaca ekstensif. Selain itu, guru harus memberikan serta memanfaatkan waktu lebih banyak untuk menyajikan metode P2R, ketika mempelajari membaca ekstensif. Selanjutnya guru harus memberikan motivasi pada siswa agar serius dalam belajar. Di samping itu, perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai metode P2R agar metode tersebut dapat berkembang dan bermanfaat untuk kegiatan pembelajaran. Selain itu, pihak sekolah hendaknya memperhatikan sarana dan prasarana yang lengkap dan baik, agar suasana dan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik pula

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca ekstensif, masalah utama, dan metode P2R
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 27 Oct 2011 04:57
Last Modified: 27 Oct 2011 04:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6375

Actions (login required)

View Item View Item