PENGARUH EFIKASI DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PERAN GURU TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS DI SMK NEGERI 1 KENDAL


Sukma Dwi Indah Wardani, 7101419286 (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PERAN GURU TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS DI SMK NEGERI 1 KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101419286- Sukma Dwi Indah Wardani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Minat adalah ketertarikan terhadap suatu objek tanpa adanya unsur paksaan dari orang lain. Minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi diantaranya dipengaruhi oleh faktor intern yang berasal dari dalam diri siswa yaitu efikasi diri dan faktor ekstern yang berasal dari luar diri siswa yaitu lingkungan keluarga dan peran guru. Berdasarkan observasi awal menunjukkan bahwa minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial antara efikasi diri, lingkungan keluarga, dan peran guru terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di SMK Negeri 1 Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis tahun ajaran 2022/2023 di SMK Negeri 1 Kendal yang berjumlah 213 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan proporsional rondom sampling. Sampel yang ditetapkan sebanyak 139 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linear berganda. Hasil dari analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y= 8,693 + 0,510X1 + 0,025X2 + 0,272X3 + e. Penelitian menunjukkan bahwa secara simultan efikasi diri, lingkungan keluarga, dan peran guru berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 45,3%. Sedangkan pengaruh secara persial efikasi diri sebesar 13,83%, lingkungan keluarga sebesar 0,42%, dan peran guru sebesar 12,25%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh efikasi diri, lingkungan keluarga, dan peran guru terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa baik secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalah siswa diharapkan agar tetap mempunyai keinginan dan motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, pihak sekolah dan guru hendaknya lebih meningkatkan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan dengan cara memotivasi siswa. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas sampel dan variabel lain sehingga hasil penelitian lebih tergeneralisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Lingkungan Keluaga, Peran Guru, dan Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Sep 2024 13:47
Last Modified: 01 Sep 2024 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63721

Actions (login required)

View Item View Item