IMPLEMENTASI LAYANAN PENGEBANGAN ANAK USIA DINI HOLISTIK INTEGRATIF (PAUD HI) TERHADAP MUTU SATUAN PENDIDIKAN POS PAUD DI KABUPATEN JEPARA


Sholihatun, 0108519014 (2023) IMPLEMENTASI LAYANAN PENGEBANGAN ANAK USIA DINI HOLISTIK INTEGRATIF (PAUD HI) TERHADAP MUTU SATUAN PENDIDIKAN POS PAUD DI KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0108519014 - Sholihatun Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif bermaksud untuk memberikan layanan viendidikan yang memenuhi kebutuhan esensial anak secara simultan, sistematis dan terintegrasi. Layanan esensial yang dimaksud terdiri dari unsur pendidikan, kesehatan, gizi dan perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis implementasi layanan pengembangan anak usia dini holistik integratif terhadap mutu satuan pendidikan POS PAUD yang ada di Kabupaten Jepara; menganalisis kendala implementasi layanan pengembangan anak usia dini holistik integratif terhadap mutu satuan pendidikan POS PAUD yang ada di Kabupaten Jepara. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah sequential mixed methode yang mengkombinasikan penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif dalam satu penelitian. Sampel penelitian terdiri dari 187 pendidik dan 22 kepala sekolah POS PAUD di Kabupaten Jepara. Pengumpulan data penelitian kuantitatif menggunakan kuisioner dengan pertanyaan terbuka melalui google form dengan menggunakan teknik analisis data formula persentase. Sedangkan pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi dengan teknis Analisa data tri anggulasi data. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa gambaran implementasi layanan pengembangan anak usia dini terhadap mutu berada pada kategori sedang. Kendala pada faktor internal, satuan pendidikan masih minim sarana prasarana dan keterbatasan pengelolaan serta beban administratif yang terlalu banyak. Sedangkan kendala pada faktor eksternal satuan pendidikan masih minim informasi terkait pengembangan layanan PAUD HI dan kurangnya keterlibatan masyarakat maupun dinas terkait pengembangannnya. Saran penelitian ini, diharapkan bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Jepara perlu memberikan sosialisasi dan membentuk gugus tugas PAUD HI sebagaimana yang diamanatkan pada Peraturan Presiden No. 60 Tahun 2013. Bagi peneliti, diharapkan peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode yang mendalam dan melibatkan banyak pihak seperti orang tua, dinas pendidikan, dinas kesehatan dan dinas kependukan untuk dijadikan sampel dalam menganalisis implementasi layanan PAUD HI di semua unsur layanan yaitu pendidikan, kesehatan, gizi dan perawatan, pengasuhan, perlindungan serta kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Layanan PAUD HI, Mutu, POS PAUD.
Subjects: L Education > Special Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Sep 2024 12:10
Last Modified: 01 Sep 2024 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63712

Actions (login required)

View Item View Item