PENGEMBANGAN E- MODUL BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN
ANASTASIA ANINDIA SEPTIANA S, 0103521035 (2023) PENGEMBANGAN E- MODUL BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan di SDN Sukorejo 02 mengenai pemanfaatan bahan ajar berbasis teknologi dan hasil belajar kurang maksimal pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari bagaimana karakter dan pengembangan e-modul, kevalidan dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar e-modul berbasis Articulate Storyline materi interaksi manudia dengan lingkungan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pengembangan dalam Sugiono, yang meliputi 10 tahapan yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) pengujian produk (7) versi produk; (8) penggunaan percobaan; (9) revisi produk; (10) memproduksi produk. Hasil penlitian menunjukkan Bahan ajar e-modul berbasis articulate storyline merupakan sebuah bahan ajar yang dapat digunakan pada materi interaksi manusia dengan lingkungan pada pembelajaran IPS kelas V SD, dengan nilai kelayakan presentase kelayakan materi sebesar 95% dengan kriteria sangat layak, presentase kelayakan media sebesar 94% dengan kriteria sangat layak dan presentase kelayakan bahasa sebesar 93% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji t terhadap nilai pretest dan posttest sebesar 0,00 maka menunjukkan ditolak karena 0,00>0,05. Hasil uji t setelah menggunakan bahan ajar e-modul berbasis articulate storyline terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest. Dengan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 16,9 %. Sedangkan hasil uji n gain terhadap pretest – posttest didapatkan selisih rata-rata hasil belajar sebesar 0,4922, pada kriteria sedang. Untuk taksiran efektivitas mendapat skor 49,225 pada kriteria cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunakan bahan ajar e-modul berbasis articulate storyline dapat meningkatkan hasil belajar dan efektif digunakan untuk pembelajaran IPS khususnya meteri Interaksi Manusia dengan Lingkungan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social, Kontekstual, E-modul, Articulate Storyline |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 01 Sep 2024 12:03 |
Last Modified: | 01 Sep 2024 12:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63711 |
Actions (login required)
View Item |