PENGEMBANGAN MEDIA LAGU EXPLORING THE FARM BERBASIS ARTSTEPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI SELOPAMPANG
Sofia Aisyah, 1401419149 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA LAGU EXPLORING THE FARM BERBASIS ARTSTEPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI SELOPAMPANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Keterbatasan media pembelajaran inovatif berbasis teknologi yang sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik peserta didik memicu rendanya hasil belajar bahasa Inggris pada capaian membaca di kelas I SD Negeri Selopampang. Latar belakang tersebut mendorong inisiatif untuk memproduksi media lagu Exploring the Farm berbasis Artsteps. Tujuan yang dirumuskan dalam penelitian ini antara lain: 1) mendeskripsikan desain pengembangan, 2) menguji kelayakan, dan 3) menguji keefektifan media lagu Exploring the Farm berbasis Artsteps untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris peserta didik kelas I SD Negeri Selopampang. Metode yang diterapkan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan meliputi teknik tes berupa tes unjuk kerja dan teknik non-tes berupa wawancara, observasi, angket, serta dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif, analisis data awal melalui uji normalitas, dan analisis data akhir menggunakan t-test serta uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) media lagu Exploring the Farm berbasis Artsteps yang terdiri dari konten judul, menu, cara penggunaan, capaian dan tujuan pembelajaran, materi pelajaran, lirik lagu, lagu, video tutorial, evaluasi, serta referensi dan profil pengembang, 2) uji kelayakan produk oleh ahli pada aspek media dengan perolehan presentase sebesar 89% (sangat layak), sedangkan aspek media sebesar 91% (sangat layak), 3) keefektifan kinerja diidentifikasi melalui paired sample t-test skala kecil yang mengahsilkan signifikansi 0,003, sedangkan pada skala besar senilai <0,001. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan akibat penggunaan media lagu Exploring the Farm berbasis Artsteps. Kemudian diperoleh hasil uji N-Gain skala kecil dengan skor 0,6133 (sedang), sedangkan skor pada skala besar adalah 0,7222 (tinggi). Simpulan penelitian ini adalah media lagu Exploring the Farm berbasis Artsteps terbukti sangat layak serta memiliki taraf keefektifan yang tergolong tinggi untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris dalam capaian membaca pada peserta didik kelas I SD Negeri Selopampang. Saran yang dianjurkan berupa perbaikan lirik lagu dan penyesuaian konten dengan indikator penilaian, optimalisasi penggunaan media lagu Exploring the Farm berbasis Artsteps, dan peningkatan mutu pembelajaran melalui pengembangan media pembelajaran inovatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Artsteps; bahasa Inggris; Exploring the Farm; lagu; media |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 04:08 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 04:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63700 |
Actions (login required)
View Item |