PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI GAME PETUALANGAN PINTAR BERBASIS KOMPUTER PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 2 JLAMPRANG KABUPATEN WONOSOBO


Tinon Al-Audiy, 1401419147 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI GAME PETUALANGAN PINTAR BERBASIS KOMPUTER PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 2 JLAMPRANG KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419147_Tinon Al-Audiy - Tinon Al-audiy.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

IPA merupakan salah satu muatan pembelajaran wajib yang harus ditempuh siswa pada jenjang pendidikan dasar. Berdasarkan hasil wawancara serta angket kebutuhan guru dan siswa di kelas V SD Negeri 2 Jlamprang diperoleh bahwa hasil belajar siswa terhadap muatan pembelajaran IPA rendah. Hal tersebut dikarenakan guru belum menerapkan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan desain, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran melalui game petualangan pintar berbasis komputer dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan menggunakan 8 langkah penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis kelayakan dan keefektifan media. Teknik analisis data produk menggunakan uji kelayakan, analisis data awal menggunakan uji normalitas dan homogenitas, analisis data akhir menggunakan uji t berpasangan dan uji peningkatan rata-rata (N-Gain). Desain media pembelajaran melalui game petualangan pintar berbasis komputer disesuaikan hasil angket kebutuhan guru dan siswa. Hasil penilaian ahli media diperoleh skor 90% dan ahli materi 86% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan uji t berpasangan diperoleh hasil thitung (8,451) > ttabel (2,045) sehingga H0 ditolak. Pada hasil uji N-Gain diperoleh peningkatan rata-rata 0,685 dengan kategori “Sedang”. Serta pada angket tanggapan guru dan siswa mendapat respon positif dengan persentase mencapai 100%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran melalui game petualangan pintar berbasis komputer layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA. Peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan media pembelajaran melalui game petualangan pintar berbasis komputer sebagai salah satu media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: game petualangan pintar, hasil belajar,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:55
Last Modified: 30 Aug 2024 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63699

Actions (login required)

View Item View Item