PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAGU SEJUBA (SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA) BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PURBALINGGA WETAN
Dewi Septianingsih, 1401419140 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAGU SEJUBA (SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA) BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PURBALINGGA WETAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan permasalahan yang terdapat di SD Negeri 1 Purbalingga Wetan yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariatif dalam pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa kelas V. Hal tersebut yang menjadi dasar bagi peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran berupa lagu berbasis Articulate Storyline dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi peristiwa perlawanan terhadap Portugis dan Belanda. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan mengetahui keefektifan serta mendeskripsikan hasil belajar kognitif penggunaan media pembelajaran “Sejuba” di kelas V SD Negeri 1 Purbalingga Wetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Sampel pada penelitian ini adalah 9 siswa kelas V SD Negei 1 Purbalingga Wetan yang mewakili jumlah populasi sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, angket, dan data dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal serta analisis data akhir. Hasil penelitian dari penelitian ini antara lain: 1) media pembelajaran lagu Sejuba berbasis Articulate Storyline yang terdiri dari halaman splash screen, halaman Log-in, halaman menu utama, menu kompetensi, menu tujuan, menu materi, menu AMI (Ayo Menyanyi), Menu EBA (Evaluasi Pembelajaran), cara penggunaan, dan profil pengembang, 2) uji kelayakan produk oleh ahli pada aspek materi dengan perolehan presentase sebesar 89,7% (sangat layak), sedangkan aspek media sebesar 89,28% (sangat layak), 3) keefektifan kinerja diidentifikasi melalui paired sample t-test skala kecil dengan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Articulate Storyline, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Media Sejuba |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 03:39 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 03:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63698 |
Actions (login required)
View Item |