ANALISIS PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DI SDIT BUNAYYA


Sumayyah Syahidah, 1102418036 (2023) ANALISIS PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DI SDIT BUNAYYA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102418036_ - Sumayyah Syahidah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Sumber belajar merupakan semua objek nyata dan orang yang dapat mendukung proses pembelajaran sehingga mencakup semua sumber yang memungkinkan dapat dimanfaatkan oleh tenaga pengajar agar terjadi perilaku belajar. Adanya sumber belajar berfungsi sebagai pemecahan masalah belajar yang ditemukan pada proses pembelajaran. Pengelolaan dan pemanfaatan yang kurang terhadap sumber belajar menimbulkan kurang optimalnya fungsi utama dari sumber belajar yang sudah tersedia di lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pengelolaan sumber belajar dan pemanfaatannya di SDIT Bunayya agar ketersediaan sumber belajar tersebut dapat memberikan kontribusinya secara optimal pada proses pembelajaran di SDIT Bunayya. Metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan peneliti melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah selaku pengelola sumber belajar, guru dan siswa selaku pihak yang memanfaatkan sumber belajar secara langsung. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar pengakajian dokumen, dan pedoman wawancara. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan dan memverifikais data. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan diperoleh data tentang pengelolaan sumber belajar sebagai berikut: 1) Perencanaan sumber belajar dilakukan saat awal semester dengan menentukan kurikulum yang akan digunakan dan menganalisis kebutuhan pembelajaran 1 semester yang akan datang, 2) Pengorganisasian terdiri dari pembagian tugas, wewenang, dan kewajiban antar SDM, 3) Pelaksanaan dilakukan sesuai dengan perencanaan dan pembagian tugas dari pengorganisasian, 3) Pengawasan sumber belajar dilakukan difokuskan pada pengawasan SDM melalui beberapa supervisi dan berlangsung selama 1 semester. Adapun hasil penelitian dari pemanfaatan sumber belajar pada proses pembelajaran adalah: aspek aspek pesan yang dilakukan dengan menyampaikan materi sesuai standar isi dan silabus, aspek orang terdiri optimalisasi peran guru dalam kelas, aspek alat dan bahan terdiri dari pemanfaatan sumber belajar yang dirancang (by design), aspek teknik terdiri dari metode yang digunakan dalam mengajar dan disesuaikan dengan kesiapan dan kondisi peserta didik, dan aspek lingkungan/ latar adalah dengan memanfaatkan area dalam dan luar ruangan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa perlu adanya unit yang secara khusus bertanggung jawab terhadap pengelolaan sumber belajar agar sumber belajar yang tersedia dapat dioptimalkan dengan baik oleh guru. Kata kunci : pengelolaan sumber belajar, pemanfaatan sumber belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan sumber belajar, pemanfaatan sumber belajar
Subjects: L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Aug 2024 02:28
Last Modified: 30 Aug 2024 02:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63691

Actions (login required)

View Item View Item