PENGEMBANGAN E-MODULE ADAPTIF FISIKA DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA
Swastika Ramadhanty Eka Putri, 0403520001 (2023) PENGEMBANGAN E-MODULE ADAPTIF FISIKA DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik adaptif menggunakan blended learning berbasis Moodle sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan representasi di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggabungkan metode pembelajaran online dan tatap muka (blended learning) dengan penggunaan Moodle sebagai platform pembelajaran digital. Tiga bentuk representasi dalam konsep fisika, yaitu (1) representasi verbal; (2) representasi visual; dan (3) representasi matematis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah karakteristik, kevalidan, dan keefektifan media E-modul. Modul ini bertujuan untuk menyediakan konten pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing individu siswa. Fitur adaptif memungkinkan siswa untuk mengakses materi, tugas, dan sumber belajar yang sesuai dengan tingkat keahlian mereka. Pembelajaran dilakukan melalui kombinasi pengajaran di kelas dan e-module melalui Moodle. Model pengembangan E-modul ini menggunakan metode Research and Development. Desain penelitian yang digunakan adalah true eksperimental design dengan bentuk “Posttest-Only Control Design”. Tujuan evaluasi adalah menganalisis efektivitas dan efisiensi penggunaan e-module adaptif dengan blended learning berbasis Moodle untuk meningkatkan kemampuan representasi siswa di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penilaian E-module oleh ahli didapatkan presentase dan kriteria kelayakan isi 91,7% (layak). Untuk mengetahui tingkat efektivitas melalui uji t dan perbandingan nilai hasil posttest. Uji t menggunakan SPSS Statistic versi 23 yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Pada representasi visual didapatkan persentase sebesar 87,5% dengan kategori sangat baik, untuk representasi matematis diperoleh persentase sebesar 88,5% dengan kategori sangat baik dan representasi verbal diperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Dengan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 88,8 dan kelas kontrol 74,2. E-module adaptif melalui blended learning berbasis Moodle dapat menjadi pilihan efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi dan memfasilitasi pembelajaran yang personal dan fleksibel. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mendorong pengembangan sistem pembelajaran adaptif di sekolah dan mendukung peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Module, Blended Learning, Moodle, Representasi |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 02:05 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 02:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |