PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCIENCE EDUTAINMENT PADA MUATAN PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA


Nurbaity Khasanah, 0103519033 (2023) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCIENCE EDUTAINMENT PADA MUATAN PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0103519033_Tesis Nurbaity Khasanah - Nurbaity Khasanah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model Problem Based Learning berbasis science edutainment untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitaif. Penelitian dilakukan dikelas V SD Negeri 12 Buay Pemaca Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan pada tahun ajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian 48 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, angket dan observasi. Sementara untuk teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini untuk menunjukkan bahwa, berdasarkan uji independent sample t-test pada variabel hasil belajar diperoleh nilai signifikansi 0,036 > 0,05 yang artinya model Problem Based Learning berbasis science edutainment berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan untuk pada variabel kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai signifikansi 0,043 > 0,05 yang artinya model Problem Based Learning berbasis science edutaiment berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Simpulan penelitian ini adalah model Problem Based Learning berbasis science edutainment berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik untuk menyelesaikan pembelajaran yang dikaitkan dengan masalah dan dapat meningkatkan hasil belajar serta kemampuan berpikir kritis peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Science Edutainment, Hasil Belajar, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Aug 2024 00:55
Last Modified: 30 Aug 2024 00:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63687

Actions (login required)

View Item View Item