Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dengan Penerapan Penilaian Kinerja terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Trigonometri


Maulina Wijayanti , 4101407043 (2011) Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dengan Penerapan Penilaian Kinerja terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Trigonometri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dengan Penerapan Penilaian Kinerja terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Trigonometri]
Preview
PDF (Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dengan Penerapan Penilaian Kinerja terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Trigonometri) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu model pembelajaran dan teknik penilaian yang menunjang pembelajaran efektif adalah model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan penerapan penilaian kinerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan penerapan penilaian kinerja proyek dan produk untuk materi trigonometri dapat mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik daripada pembelajaran ekspositori pada peserta didik kelas X. untuk mengetahui apakah apakah penerapan penilaian kinerja proyek lebih baik daripada penerapan penilaian kinerja produk untuk materi trigonometri pada peserta didik kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA N 12 Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dengan memperhatikan beberapa hal dan terpilih peserta didik kelas X8 dan peserta didik kelas X9 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X7 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 1 sebesar 76,94 , kelas eksperimen 2 sebesar 70,14 dan kelas kontrol sebesar 63,60. Dari hasil uji ketuntasan belajar dengan uji t dan uji proporsi diperoleh bahwa peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar, baik ketuntasan individual maupun ketuntasan klasikal. Dari hasil uji anava dengan bantuan spss, nilai sig. kurang dari 0,05 artinya ada perbedaan rata-rata kemudian dilakukan uji lanjut dengan LSD menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara masing-masing kelas. Dilihat dari rata-rata, kelas eksperimen 1 memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah yang paling tinggi di antara kedua kelas yang lain. Simpulan yang diperoleh adalah pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan penerapan penilaian kinerja proyek dan produk untuk materi trigonometri dapat mencapai ketuntasan belajar, model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan penerapan penilaian kinerja untuk materi trigonometri lebih baik daripada pembelajaran ekspositori dan penerapan penilaian kinerja proyek lebih baik daripada penerapan penilaian kinerja produk untuk materi trigonometri pada peserta didik kelas X. Pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan penerapan penilaian kinerja proyek ataupun produk dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe CIRC, penilaian kinerja, kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Oct 2011 04:18
Last Modified: 25 Apr 2015 06:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6368

Actions (login required)

View Item View Item