HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN KECAMATAN KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG
Muhammad Anshori, 1401417152 (2021) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN KECAMATAN KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar peserta didik menjadi salah satu penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Motivasi belajar dan kemandirian menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV di SDN Gusus Bahasa diketahui bahwa motivasi belajar dan kemandirian siswa masih rendah ditandai dalam pembelajaran terdapat beberapa anak yang tidak fokus serta siswa belum bisa mandiri dalam menyelesaikan persoalan belajar, selain itu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah ditandai dengan adanya siswa yang belum tuntas KKM. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, (2) menguji hubungan antara kemandirian dengan hasil belajar IPS, (3) menguji hubungan antara motivasi belajar dan kemandirian dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Negeri Gugus Bahasa Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gugus Bahasa Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung yang berjumlah 111. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan nilai rhitung > rtabel (0,475 > 0,1865) dengan taraf signifikasi 0,05 termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 22,6%. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan nilai rhitung > rtabel (0,520 > 0,1865) dengan taraf signifikasi 0,05 termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 27%. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kemandirian dengan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan nilai rhitung > rtabel (0,521 > 0, 1865) dengan taraf signifikasi 0,05 termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 27,1%. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkam bahwa ada hubungan motivasi belajar dan kemandirian dengan hasil belajar IPS SD Negeri Gugus Bahasa Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya senantiasa memberikan motivasi ataupun arahan kepada peserta didik agar mereka dapat termotivasi dalam belajar dan mandiri sehingga dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya, sehingga motivasi belajar dan kemandirian siswa menjadi baik dan dapat memeperoleh hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, kemandirian, hasil belajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Motivating Learners L Education > L Education (General) |
Fakultas: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 08:30 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 08:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63667 |
Actions (login required)
View Item |