Kemampuan Mahasiswa Semester IV dalam Mengubah Curriculum Vitae menjadi Texte Narratif


Ita Ofina , 2301404036 (2011) Kemampuan Mahasiswa Semester IV dalam Mengubah Curriculum Vitae menjadi Texte Narratif. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kemampuan Mahasiswa Semester IV dalam Mengubah Curriculum Vitae menjadi Texte Narratif]
Preview
PDF (Kemampuan Mahasiswa Semester IV dalam Mengubah Curriculum Vitae menjadi Texte Narratif) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Belajar bahasa, khususnya bahasa Prancis harus menguasai empat kemampuan berbahasa. Dari keempat kemampuan dasar tersebut, kemampuan menulis adalah kegiatan yang paling menuntut ketajaman dan persiapan. Salah satu kegiatan menulis adalah menulis teks narratif. Curriculum vitae mempunyai unsur-unsur yang dapat membentuk texte narratif. Unsur-unsur curriculum vitae yang berupa kata dan frasa harus diubah ke dalam bentuk kalimat. Dari kalimat-kalimat tersebut disusun hingga menjadi sebuah teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester IV dalam mengubah Curriculum Vitae menjadi Texte Narratif dan kesalahan yang terdapat pada hasil tulisan mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester IV program studi Pendidikan Bahasa Prancis tahun ajaran 2010/2011. Jumlah populasi yang dijadikan responden adalah 28 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai nama dan jumlah mahasiswa, sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data mengenai kemampuan mahasiswa semester IV dalam mengubah Curriculum Vitae menjadi Texte Narratif. Validitas yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan metode Product moment. Nilai rata-rata kemampuan mengubah Curriculum Vitae menjadi Texte Narratif termasuk dalam kategori “Baik” dengan nilai rata-rata 73,89. Kesalahan dari hasil tes kemampuan mengubah curriculum vitae menjadi texte narratif meliputi: (1) 14,29% kesalahan dalam mematuhi perintah, (2) 17,86% kesalahan pada bagian isi texte, (3) 43,75% kesalahan dalam menggunakan tata bahasa, (4) 19,64% kesalahan dalam menggunakan vocabulaire, (5) 16,07% kesalahan dalam menggunakan kohesi dan koherensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Curriculum Vitae dan Texte Narratif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Oct 2011 03:55
Last Modified: 25 Apr 2015 06:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6364

Actions (login required)

View Item View Item