Pembelajaran Matematika Dimensi Tiga dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berpandu pada Fase-Fase Pembelajaran Model Van Hiele pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Randudongkal
Rifa Atul Mahmudah , 4101407025 (2011) Pembelajaran Matematika Dimensi Tiga dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berpandu pada Fase-Fase Pembelajaran Model Van Hiele pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Randudongkal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pembelajaran Matematika Dimensi Tiga dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berpandu pada Fase-Fase Pembelajaran Model Van Hiele pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Randudongkal)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga umumnya diajarkan dengan menggunakan model pengajaran langsung yang lebih banyak ditekankan kepada fakta-fakta yang dipelajari secara parsial dan perhitungan. Oleh karena itu, pembelajaran materi ini perlu diusahakan memberikan suatu arah pada pemahaman melalui penalaran dan komunikasi, bukan sekedar hafalan teknis. Berkaitan dengan hal tersebut guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpandu pada fase-fase pembelajaran model Van Hiele. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika pada aspek penilaian penalaran dan komunikasi peserta didik SMA Negeri 1 Randudongkal pada materi dimensi tiga dengan menerapkan model ini lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran matematika yang menerapkan model pengajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Randudongkal tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara acak dari delapan kelas yang ada yakni kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan menggunakan metode tes dan kemudian dianalisis menggunakan uji rata-rata μ, uji proporsi dan uji perbedaan dua rata-rata (uji t pihak kanan). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 74,72 dan kelas kontrol 66,97. Berdasarkan hasil uji rata-rata μ dan uji proporsi diperoleh hasil bahwa pembelajaran matematika pada kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar secara individual dan klasikal artinya minimal 80% dari banyaknya peserta didik pada kelas eksperimen telah mencapai KKM sebesar 70. Berdasarkan hasil uji t pihak kanan diketahui bahwa pembelajaran matematika pada kelas eksperimen memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi dimensi tiga dengan menerapkan model pembelajaran NHT berpandu pada fase-fase pembelajaran model Van Hiele lebih efektif dibandingkan model pengajaran langsung. Dengan demikian, model ini dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika SMA Negeri 1 Randudongkal dalam menyampaikan materi dimensi tiga
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Numbered Heads Together (NHT), Fase-fase pembelajaran model Van Hiele, Dimensi Tiga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Oct 2011 03:01 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6363 |
Actions (login required)
View Item |