Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Deskriptif pada TK Negeri Pembina Kabupaten Brebes dan TK Negeri Pembina Kota Tegal)


Nur Anisah , 1601908035 (2011) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Deskriptif pada TK Negeri Pembina Kabupaten Brebes dan TK Negeri Pembina Kota Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Deskriptif pada TK Negeri Pembina Kabupaten Brebes dan TK Negeri Pembina Kota Tegal)]
Preview
PDF (Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Deskriptif pada TK Negeri Pembina Kabupaten Brebes dan TK Negeri Pembina Kota Tegal)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen pendidikan mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan atau disebut dengan POAC. Dilihat dari kesejarahannya, TK memiliki akar budaya yang kuat di tengah‐tengah masyarakat, sebab itu TK sudah menjadi milik masyarakat dan tetap berinovasi sebagai pendidikan yang dikelola masyarakat (community based management). Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen berbasis sekolah di TK Negeri Pembina Kabupaten Brebes dan TK Negeri Pembina Kota Tegal. Rancangan dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan jenis deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di TK Negeri Pembina Kabupaten Brebes dan TK Negeri Pembina Kota Tegal. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, kepustakaan dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data di mulai dengan menelaah seluruh data dari berbagai sumber, pemeriksaan keabsahan data, penafsiran data menjadi menjadi teori substansif dengan menggunakan metode tertentu. Hasil penelitian yaitu Perencanaan yang dilakukan oleh TK Negeri Pembina Kabupaten Brebes dan TK Negeri Pembina Kota Tegal terkait MBS sudah sesuai dengan standar proses manajemen, dengan melibatkan berbagai komponen yang ada. Selanjutnya pelaksanaan MBS di TK Negeri Pembina Kabupaten Brebes dan TK Negeri Pembina Kota Tegal sudah sesuai dengan rencana yang dibuat sebelumnya, dengan pola desentralisasi atau pola pendelegasian wewenang, hak dan tanggung jawab pada masing‐masing sIstem serta pemberian kepercayaan pada bawahan oleh kepala sekolah membuat akuntabilitas kerja beriklim harmonis. Evaluasi yang dilakukan oleh di TK Negeri Pembina Kabupaten Brebes dan TK Negeri Pembina Kota Tegal menyangkut perencananaan dan pelaksanakan MBS dilakukan guna mengetahui berbagai kendala dalam melaksanakan MBS di sekolah yang pada akhirnya menjadi rekomendasi dalam memperbaiki manajemen di TK Negeri Pembina Kabupaten Brebes dan TK Negeri Pembina Kota Tegal. Simpulan dan saran serta merujuk pada manfaat penelitian maka dukungan dari berbagai pihak agar pelaksanaan manajemen berbasis sekolah berjalan dengan lancar yang pada akhirnya memunculkan efek positif pada peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di TK Negeri Pembina Kabupaten Brebes dan TK Negeri Pembina Kota Tegal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Oct 2011 02:48
Last Modified: 25 Apr 2015 06:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6360

Actions (login required)

View Item View Item