Peningkatan Kemampuan Meringkas Isi Buku Melalui Strategi Tandur Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar


Dwi Ita Munartanti, 1402908002 (2011) Peningkatan Kemampuan Meringkas Isi Buku Melalui Strategi Tandur Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Meringkas Isi Buku Melalui Strategi Tandur Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar]
Preview
PDF (Peningkatan Kemampuan Meringkas Isi Buku Melalui Strategi Tandur Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia disekolah Dasar diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis. Kegiatan meringkas isi buku merupakan kegiatan menulis yang diperoleh dari kegiatan membaca suatu buku selanjutnya mengungkapkan pikiran perasaan terhadap isi buku yang telah dibaca. Berdasarkan hasil refleksi awal, dalam pembelajaran meringkas isi buku di SD Negeri Mintobasuki 2 masih terdapat beberapa siswa yang kurang dalam meringkas isi buku dapat dibuktikan hanya 35% yang mencapai KKM (nilai≥65). Hal ini dikarenakan minat membaca siswa sangat rendah serta cara mengajar guru yang hanya ceramah saja tanpa melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: (1)Mendeskripsikan aktivitas guru melakukan pembelajaran menggunakan strategi tandurb pada kelas V SD Negeri Mintobasuki 2; (2)Mendeskripsikan aktivitas siswa saat pembelajaran meringkas isi buku menggunakan strategi tandur pada kelas V SD Negeri Mintobasuki2; (3)Mendeskripsikan peningkatan keterampilan meringkas isi buku Siswa kelas V SD Negeri Mintobasuki 2. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan strategi Tandur yang merupakan kerangka perancangan dari Quantum Teaching yang merupakan akronim dari Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulang, dan Rayakan. Kegiatan penelitian ini akan dilaksanakan melalui dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SD Negeri Mintobasuki 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, kajian dokumen, dan tes. Dari Penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) terjadi peningkatan aktivitas siswa terbukti pada siklus I minat siswa sebesar 70% pada siklus II meningkat menjadi 81%; (2) Ada peningkatan pada aktivitas guru yaitu pada siklus I nilai ratarata 2,8 kualifikasi B (baik) dengan persentase 71,4%, pada siklus II meningkat menjadi 3,3 kualifikasi A ( sangat baik) dengan persentase 82,1%; (3) hasil belajar siswa dari siklus I,dan siklus II terjadi peningkatan pada siklus 1 nilai rerata kelas sebesar 64 dengan kategori tidak tuntas dan persentase 71,4% masuk kategori tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rerata kelas telah meningkat menjadi 66, sehingga kategori tuntas dan persentase 85,7% dengan kategori tuntas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: strategi tandur, meringkas isi buku
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Oct 2011 02:27
Last Modified: 25 Apr 2015 06:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6356

Actions (login required)

View Item View Item