(ABSTRAK) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DI SMP NEGERI 1 KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011


Moh. Arif Miftakhudin , 3101406561 (2011) (ABSTRAK) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DI SMP NEGERI 1 KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DI SMP NEGERI 1 KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DI SMP NEGERI 1 KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011) - Published Version
Download (75kB) | Preview

Abstract

Tingkat pendidikan formal orang tua siswa SMP N 1 Warungasem tergolong lebih tinggi dibandingkan tingkat pendidikan formal orang tua di SMP Negeri lainnya yang terdapat di Kecamatan Warungasem. Menurut M. Dalyono anak dari keluarga berpendidikan akan menghaasilkan anak yang berpendidikan pula. Tingkat pendidikan formal orang tua yang tinggi akan menghasilkan anak yang berprestasi bagus. Apakah hal tersebut juga terjadi di SMP N 1 Warungasem, hal tersebut sangat menarik untuk diteliti. Atas dasar latar belakang masalah, maka rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana tingkat pendidikan formal orang tua siswa, 2) bagaimana prestasi belajar siswa, 3) adakah pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui tingkat pendidikan formal orang tua, 2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa, 3) untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian sebanyak 240 siswa dan 36 orang tua, karena populasi siswa besar/lebih dari 100 diambil sampel 15% dari jumlah populasi maka jumlah sampel siswa diambil 36 anak dan sampel orang tua yang jumlahnya kurang dari 100 maka diambil semuanya dari jumlah populasi yaitu 36 orang tua. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, angket, observasi dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara tingkat pendidikan formal orang tua dengan prestasi belajar anak di SMP N 1 Warungasem yang ditunjukkan oleh hasil korelasi product moment dimana r hitung > r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yakni 0,329 <0,889>0,424, sehingga Ha diterima. Ini berarti tingkat pendidikan formal orang tua ikut menentukan prestasi belajar anak. Jika tingkat pendidikan orang tua tinggi maka prestasi belajar anak juga baik. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa siswa yang tingkat pendidikan orang tuanya rendah pun akan berprestasi pula. Tergantung dari motivasi siswa itu sendiri dan peran serta orang tua dalam mendidik dan membimbing belajar anaknya. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: orang tua, hendaknya senantiasa mengarahkan dan membimbing anak-anak memotivasi agar supaya sadar akan perlunya belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pendidikan Formal, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2011 08:38
Last Modified: 26 Oct 2011 08:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6355

Actions (login required)

View Item View Item