PEMBUATAN MODUL PRAKTIKUM PADA MATA KULIAH BAKERY DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BOGA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Marie Curie Habibah, 5404418012 (2023) PEMBUATAN MODUL PRAKTIKUM PADA MATA KULIAH BAKERY DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BOGA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Habibah, Marie Curie. Pembuatan modul praktikum pada mata kuliah bakery di Program Studi Pendidikan Tata boga UNNES. 2023. Skripsi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Semarang. Saptariana Proses pembelajaran dengan penggunaan berbagai macam bahan ajar akan mempermudah mengembangkan kualitas yang diharapkan. Mahasiswa telah diberikan sebuah bahan ajar yang berisi materi pembelajaran hingga praktik yang nantinya akan dilaksanakan. Bahan ajar tersebut telah disusun dengan rapi dan runtut sesuai urutan kompetensi yang ingin dicapai. Hanya saja ketersediaan bahan ajar materi yang terdapat didalamnya masih terpisah-pisah. Dosen pengampu mata kuliah bakery sudah memiliki bahan ajar, disini peneliti akan menyatukan kumpulan bahan ajar menjadi satu kesatuan yang utuh yang disebut dengan modul. Penelitian ini tidak hanya menyatukan, tetapi juga mengembangkan materi-materi praktikum dari berbagai sumber-sumber seperti jurnal, buku, dan modul praktikum bakery lainnya. Modul praktikum merupakan salah satu bahan ajar yang disusun secara menarik. Modul praktikum juga merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat dijadikan peganggan bagi mahasiswa. Di dalam penelitian ini akan dibuat modul praktikum yang menarik, mudah, efektif, dan efisien sebagai modul praktikum yang dapat digunakan sebagai acuan selama melaksanakan praktikum bakery pada Prodi Pendidikan Tata Boga UNNES. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tahapan desain pembuatan modul praktikum bakery dan untuk mengetahui kelayakan dari modul praktikum bakery itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Dengan metode pengembangan yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan et al, yaitu metode pengembangan four-D (4D) yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan dissiminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket/kuesioner, dan dokumentasi digunakan sebagai data pendukung penelitian seperti bahan ajar dan RPS. Modul praktikum yang telah dibuat, maka akan dilakukan uji kelayakan melalui kuesioner kepada 3 ahli materi dan 3 ahli media. Setiap tahapan dilakukan pendokumentasian. Instrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen yang sudah diasumsikan menurut standar BSNP. Metode analisis data menggunakan uji validitas isi dengan menggunakan Aikens’V dan uji reliabilitas antar rater dengan menggunakan reliabilitas Intraclass Correlat Coefficients (ICC). Hasil uji validitas isi menggunakan Aikens’V pada ahli media yaitu sebesar 0,84 dengan kriteria instrumen penilaian valid dan memiliki validitas tinggi, sedangkan hasil uji validitas aiken pada ahli materi yaitu sebesar 0,72 dengan kriteria instrumen penilaian valid dan memiliki validitas sedang. Hasil uji reliabilitas ICC ahli media yaitu sebesar 0,750 maka dapat dikatakn bahwa kesepakatan rater cukup baik (moderate). Sedangkan hasil uji reliabilitas ICC ahli materi yaitu sebesar 0,763 maka dapat dikatakan bahwa kesepakatan rater baik (good). Rerata
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : media pembelajaran, modul praktikum, bakery |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 07:16 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 07:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63520 |
Actions (login required)
View Item |