(ABSTRAK) PENGARUH KOMPETENSI SISWA TERHADAP PEMILIHAN PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK (SMEA) NEGERI SE KOTA SEMARANG


Abdurrahman Ahmad , 7101406669 (2011) (ABSTRAK) PENGARUH KOMPETENSI SISWA TERHADAP PEMILIHAN PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK (SMEA) NEGERI SE KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGARUH KOMPETENSI SISWA TERHADAP PEMILIHAN PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK (SMEA) NEGERI SE KOTA SEMARANG]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH KOMPETENSI SISWA TERHADAP PEMILIHAN PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK (SMEA) NEGERI SE KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (74kB) | Preview

Abstract

Sekolah menengah kejuruan (SMK) sebagai suatu bentuk satuan pendidikan merupakan semua program pendidikan di berbagai jenjang yang bertujuan untuk membantu anak didik mengembangkan kompetensinya ke arah suatu pekerjaan atau karir. Kompetensi yang dimilliki siswa dapat mendorong dan menunjang siswa untuk memilih program keahlian di SMK. Kompetensi inilah yang mendorong siswa terhadap pemilihan program keahlian akuntansi di SMK Negeri se Kota Semarang. Kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah kompetensi siswa berpengaruh terhadap pemilihan program keahlian akuntansi di SMK Negeri se Kota Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi siswa terhadap pemilihan program keahlian akuntansi di SMK Negeri se Kota Semarang. Populasi adalah seluruh siswa program keahlian akuntani di SMK Negeri se Kota Semarang sejumlah 754 orang. Sampel sebesar 261 orang di ambil secara proportional random sampling. Dalam penelitian ini ada dua variabel yaitu kompetensi siswa (X) dan pemilihan program keahlian akuntansi (Y). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, studi pustaka, dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan analisis data menggunakan statistik deskriptif, diketahui tingkat kompetensi siswa termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 81,9 %. Sementara pemilihan program keahlian akuntansi di SMK Negeri se Kota Semarang dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 85,2 %. Dari hasil analisis regresi sederhana diperoleh persamaan Y=10.927 + 0,335 X. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa terdapat pengaruh kompetensi siswa terhadap pemilihan program keahlian akuntansi. Simpulannya adalah terdapat pengaruh kompetensi siswa terhadap pemilihan program keahlian akuntansi. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan: siswa hendaknya lebih meningkatkan kompetensinya supaya dapat mengangkat citra SMK melalui Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang diselenggarakan kabupaten/ kota, provinsi, maupun nasional. Serta diharapkan ada penelitian lebih lanjut agar diperoleh kajian lebih mendalam terkait dengan kompetensi siswa, pemilihan program keahlian, maupun aspek lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Siswa, Pemilihan, Program Keahlian, Akuntansi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2011 08:30
Last Modified: 26 Oct 2011 08:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6352

Actions (login required)

View Item View Item