PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI ALAT UKUR MEKANIK, ELEKTRIK DAN ELEKTRONIK DI SMK NEGERI 1 SAMBIREJO


Alief Wahyudi, 5202416028 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI ALAT UKUR MEKANIK, ELEKTRIK DAN ELEKTRONIK DI SMK NEGERI 1 SAMBIREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5202416028_Alief Wahyudi - Copy vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-learning berbasis moodle pada materi alat ukur mekanik, elektrik dan elektronik sebagai alternatif dari penggunaan WA Goup yang dirasa kurang tepat sebagai platform pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini juga mengukur peningkatan pemahaman dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan serta mengetahui tanggapan peserta didik terhadap media tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan pengujian one group pretest-posttest design. Peserta didik yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 32 orang jurusan TKR kelas X SMK Negeri 1 Sambirejo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Angket penilaian diberikan kepada validator ahli media dan materi, serta angket tanggapan media kepada peserta didik. Pada instrumen tes terdiri dari pretest dan posttest. Untuk analisis data mewdwnggunakan uji Wilcoxon dan uji N-gain. Hasil pengujian ahli materi menunjukkan skor 191 kriteria “sangat layak” sedangkan untuk ahli media memperoleh skor 169 kriteria “sangat layak. Selanjutnya rata-rata hasil pretest ialah 50,375 dan posttest 89. Hasil uji statistik menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilai asymp Sig. sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05. Hasil tersebut menandakan adanya perbedaan yang signifikan. Peningkatan hasil belajar pada rata-rata uji N-gain sebesar 0,77 dengan kriteria peningkatan “Tinggi”. Analisis tanggapan peserta didik menunjukkan nilai sebesar 83% kategori “sangat baik”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Moodle, Alat ukur, Hasil belajar
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:40
Last Modified: 31 Jul 2024 06:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63418

Actions (login required)

View Item View Item