PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMBACA WELDING SYMBOL


Naeli Syifa, 5201419015 (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMBACA WELDING SYMBOL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201419015_Naeli Syifa - Copy vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian menggunakan metode pre-eksperimen dengan one group pretestposttest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam SMK N 1 Adiwerna. Sampel diambil dengan metode total sampling karena jika kurang dari 100 populasi, maka dijadikan sampel penelitian semuanya. Maka seluruh populasi dijadikan sampel yaitu siswa kelas X TPFL 1 dan X TPFL 2. Dengan prosedur penelitian yang digunakan, siswa diberi soal pretest (sebelum diberi perlakuan) dan diberi soal posttest (setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran examples non examples berbantuan multimedia). Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia simbol las dinilai sangat layak oleh ahli media dan ahli materi. Hasil skor pretest rata-rata 65,63, dengan skor minimal 44, maksimal 88, dan standar deviasi 10,07. Dan skor posttest ratarata 81,39, dengan minimal 63, maksimal 97, dan standar deviasi 8,149. Sehingga terjadi peningkatan skor pretest dan posttest dari pengaruh model pembelajaran examples non examples berbantuan multimedia. Besarnya peningkatan hasil belajar siswa 15,76 dengan persentase 22,2% dan ditinjau dari aspek kepraktisan termasuk dalam kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: examples non examples, multimedia, simbol las
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:02
Last Modified: 26 Jul 2024 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63404

Actions (login required)

View Item View Item