PENGARUH PUTARAN PISAU DAN JENIS PENGGERAK TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS HASIL RAJANGAN MESIN PERAJANG RUMPUT GAJAH MODEL HYBRID


Evan Novi Yullianto, 5201418064 (2023) PENGARUH PUTARAN PISAU DAN JENIS PENGGERAK TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS HASIL RAJANGAN MESIN PERAJANG RUMPUT GAJAH MODEL HYBRID. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201418064_Evan Novi Yullianto - Copy vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perajangan rumput gajah pada peternak umumnya masih banyak yang menggunakan cara tradisional, yaitu menggunakan sabit sehingga peternak cepat merasa lelah dan rumput yang mampu dikonsumsi ternak kurang optimal. Berdasarkan wawancara yang dilakukan, diketahui sering terjadi pemadaman listrik yang dapat menghambat aktivitas perajangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kinerja mesin perajang rumput gajah model hybrid yang meliputi produktivitas, kualitas hasil rajangan, dan biaya produksi. Metode yang digunakan penulis yaitu menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu variasi mesin penggerak motor listrik dan motor bensin, serta variasi kecepatan putaran pisau 2.896 rpm, 1.514 rpm, dan 803 rpm. Sedangkan variabel terikatnya adalah kapasitas produksi, kualitas hasil rajangan, dan biaya produksi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk mendeskripsikan atau menggambarkan data. Hasil penelitian menunjukkan kinerja paling hemat yaitu menggunakan penggerak motor listrik dengan catatan waktu perajangan, jumlah masukan rumput, kecepatan putaran pisau, dan kecepatan feeding sama. Produktivitas paling baik didapat pada variasi putaran pisau 2.896 rpm dengan penggerak motor listrik yang mencapai 333,3 kg/jam. Kualitas hasil rajangan paling baik didapat pada variasi putaran pisau 2.896 rpm dengan penggerak motor listrik, persentase panjang rajangan rumput gajah (< 5 cm) diperoleh nilai sebesar 94,8%. Biaya produksi paling hemat yaitu menggunakan motor listrik sebesar Rp. 538,66/jam. Saran untuk peternak, dalam mengaplikasikan mesin perajang rumput gajah model hybrid sebaiknya memakai kecepatan putaran pisau 2.896 rpm menggunakan penggerak motor listrik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mesin Perajang, Hybrid, Rumput Gajah, Uji kinerja, Analisis Biaya
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:08
Last Modified: 26 Jul 2024 02:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63403

Actions (login required)

View Item View Item