ANALISIS PARAMETER DINAMIS STRUKTUR JALAN REL


ADITYA OCTA PRAYOGA, 5111419085 (2023) ANALISIS PARAMETER DINAMIS STRUKTUR JALAN REL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5111419085- Aditya Octa Prayoga - Copy vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan struktur rel kereta api merupakan sebuah perencanaan bidang konstruksi yang memiliki tujuan untuk pemerataan pembangunan dan sarana ekonomi. Dengan sistem transportasi yang efisien dan baik, dapat memberikan akses kemudahan bagi masyarakat untuk memenuhi semua tujuan yang dibutuhkan. Menurut Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (DJKA Kemenhub RI) melalui Balai Teknik Perkeretaapian tiap wilayah dengan KAI yang hanya menjadi operator penyelenggara jasa angkutan kereta api. Kurang lebih 90% jalur kereta api Indonesia merupakan peninggalan kolonial belanda, dan sisanya berupa jalur baru, seperti percabangan menuju bandar udara. Pada perencanaan pembangunan proyek jalan rel kereta api berpedoman terhadap Peraturan Menteri No. 60 Tahun 2012 dengan pemodelan menggunakan software PLAXIS 2D v.20, gaya gaya yang dihasilkan berupa beban dinamis akibat kereta berjalan dan gaya statis pada saat kereta berhenti. Pemodelan pada desain struktur jalan rel kereta api dengan perkuatan tanah dasar berupa tanah timbunan pion dari Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dipermudah dengan bantuan software PLAXIS 2D v.20 yang dapat menyelesaikan kalkulasi berupa nilai deformasi, displacement akibat beban statis dan beban dinamis pada kereta api, untuk nilai safety factor juga dapat ditampilkan dalam pemodelan struktur rel kereta api dengan perkuatan tanah dasar dari tanah timbunan pion. Menurut Peraturan Menteri No 60 tahun 2012 menyebutkan bahwa untuk nilai safety faktor sekurang kurangnya 1,5 untuk beban statis. Pada penelitian ini didapatkan hasil nilai safety factor sebesar 1,164 yang termasuk kurang aman sesuai dengan peraturan yang ada. Pemodelan struktur jalan rel kereta api dengan pedoman dari Peraturan Menteri No. 60 Tahun 2012 dan menggunakan software PLAXIS 2D v.20 dibutuhkan material properties dari penelitian terdahulu dan pengujian laboratorium mengenai parameter tanah timbunan pion. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan tipe rel R.54 untuk lebar rel 1067 mm dan kecepatan kereta berjalan 120 km/jam. Perhitungan mengenai beban dinamis didapatkan dari perhitungan persamaan TALBOT dan beban statis dihitung dari beban gandar maksimum sebesar 18 ton menjadi 176,52 kN. Hasil analisis pemodelan struktur jalan rel menunjukan nilai deformasi, displacement, dan safety factor pada struktur jalan rel saat mendapat beban dinamis dan beban statis dengan perkuatan tanah dasar berupa tanah timbunan pion dari Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Transportasi, Rel, Software PLAXIS 2D, Beban Dinamis
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:58
Last Modified: 16 Jul 2024 07:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63357

Actions (login required)

View Item View Item