Development of the SIRAJA Educational Game Based on Articulate Storyline 3 to Enhance Critical Thinking Skills of Fifth Grade Students
Aris Dwiyanto, 0103522074 (2024) Development of the SIRAJA Educational Game Based on Articulate Storyline 3 to Enhance Critical Thinking Skills of Fifth Grade Students. Masters thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (997kB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (721kB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dwiyanto, Aris. 2024. “Pengembangan Game Edukasi SIRAJA Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Tri Joko Raharjo, M.Pd., Pembimbing II Prof. Dr. Supriyadi, M.Si. Guru perlu mengusahakan inovasi dalam menciptakan media baru, agar pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menjadi lebih mudah bagi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu memaparkan karakteristik, validitas dan keefektifan SIRAJA dalam memberikan dampak peningkatan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan model ADDIE, yang mencakup kegiatan menganalisis, membuat desain, mengembangkan hasil karya, menerapkan, dan mengevaluasi. Peneliti menggunakan berbagai jenis metode untuk mengumpulkan data, di antaranya wawancara, kuesioner, pengamatan, dokumentasi, dan tes. Peneliti menggunakan desain eksperimen one group pretest-posttest. Data yang didapatkan kemudian diuji meliputi keefektifan, normalitas, dan kenaikan skor berpikir kritis dari pretest dan posttest berdasarkan gain Hake. Eksperimen dilakukan guna menguji keefektifan SIRAJA dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V. Sedangkan jawaban dari hasil angket peserta didik dan guru dievaluasi menggunakan skala Likert. Analisis hasil pembelajaran responden yang menjadi subjek penelitian, memperoleh skor pada pretest sebesar 59 meningkat menjadi 77 pada posttest. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat secara signifikan, dari 20% pada pretest menjadi 85% pada posttest. Uji normalitas yang digunakan yaitu one sample Shapiro-Wilk dalam ditemukan nilai asymp sig untuk pretest 0,388, dan untuk posttest 0,616, melebihi tingkat signifikansi 0,05. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa pemanfaatan SIRAJA memberikan dampak peningkatan bagi peserta didik kelas V dalam berpikir kritis. Kata Kunci: articulate storyline 3; game edukasi; berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | articulate storyline 3; game edukasi; berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 03:11 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 03:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63298 |
Actions (login required)
View Item |