(ABSTRAK) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG

Andresta Setya, 3301402162 (2009) (ABSTRAK) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG ) - Published Version
Download (45Kb)

    Abstract

    Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah merupakan mata pelajaran yang wajib bagi siswa SMP Islam Hidayatullah baik kelas VII, VIII, maupun kelas IX. Mata pelajaran komputer ini merupakan suatu keahlian yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Dalam penguasaan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dibutuhkan keahlian dan ketelitian khusus karena mata pelajaran komputer merupakan mata pelajaran praktik sehingga tidak sekedar bersifat teori-teori namun bersifat aplikatif yang langsung menerapkan kecanggihan teknologi komputer. Tetapi pada kenyataannya tidak semua siswa mencapai hasil seperti yang diharapakan. Penguasaan komputer yang kurang, mengakibatkan nilai yang diperoleh rendah. Beberapa siswa mendapatkan nilai yang rendah walaupun telah diupayakan sebaik-baiknya oleh guru agar siswa tidak mengalami kesulitan belajar. Dari latar belakang dan uraian di atas, maka permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Siswa Kelas VII Semester 1 SMP Islam Hidayatullah Semarang. Seberapa besar pengaruh faktor intern dan faktor ekstern terhadap kesulitan belajar mata pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Siswa Kelas VII Semester 1 SMP Islam Hidayatullah Semarang. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Siswa Kelas VII Semester 1 SMP Islam Hidayatullah Semarang. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor intern dan faktor ekstern terhadap kesulitan belajar mata pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Siswa Kelas VII Semester 1 SMP Islam Hidayatullah Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 90. Seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel penelitian. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabe terikat. Teknis analisis data mengunakan analisis faktor. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil beberapa kesimpulan diantaranya Semua faktor analisis merupakan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa Kelas VII Semester 1 SMP Islam Hidayatullah Semarang dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi kecuali mengerjakan soal TIK dengan cepat. Hasil analisi faktor dapat disimpulkan terdapat delapan kelompok faktor menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu Sikap siswa, cara belajar, kelengkapan buku, jam pelajaran dan mass media. Dari hasil penelitian tersebut, disarankan siswa dapat meningkatkan motivasi belajarnya dengan lebih serius atau fokus pada proses pembelajaran yang disampaikan guru didalam kelas. Sebab motivasi merupakan modal awal bagi siswa untuk dapat meraih prestasi yang optimal, tanpa adanya motivasi yang kuat dari dalam diri siswa mustahil siswa dapat memperoleh hasil belajar yang diinginkannya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 26 Oct 2011 04:55
    Last Modified: 26 Oct 2011 04:55

    Actions (login required)

    View Item