ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, BANYUMANIK, KOTA SEMARANG)
Mohamad Shafiky, 5111419040 (2023) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, BANYUMANIK, KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam kurun waktu (2018-2020) dikutip oleh Badan Pusat Satistik (BPS) Jawa Tengah di Kota Semarang telah terjadi 661 kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan 121 orang meninggal dunia. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kecelakaan lalu lintas di Jalan Perintis Kemerdekaan, Banyumanik, Kota Semarang, untuk mengetahui di segmen berapakah yang paling rawan dan paling sering terjadi kecelakaan lalu lintas menggunakan metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dan metode Upper Control Limit (UCL), dan upaya pencegahan kecelakaan maupun pengurangan kecelakaan lalu lintas di masa mendatang di lokasi yang rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, pada penelitian ini menggunakan metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dan metode Upper Control Limit (UCL) untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas. Karakteristik kecelakaan lalu lintas lokasi kecelakaan persegmen pada segmen 3 total 53 kasus, berdasarkan waktu terjadinya pada pukul 06.00-12.00 WIB total 45 kasus, berdasarkan hari terjadinya hari selasa total 32 kasus, berdasarkan kelas korban luka ringan (LR) total 176 korban, berdasarkan usia pengemudi yang terlibat berusia >47 tahun jumlah 81 korban, berdasarkan jenis kelamin pengemudi yang terlibat berjenis kelamin laki-laki jumlah 277 korban, berdasarkan jenis kendaraan sepeda motor jumlah 213 kendaraan, berdasarkan jumlah kendaraan kecelakaan ganda jumlah 149 kasus, berdasarkan jenis tabrakan adalah tabrakan depan samping dan depan belakang dengan jumlah total masingmasing 49 kasus kecelakaan. Blackspot terdapat pada segmen 3 dengan rata-rata nilai AEK sebesar 57 dan nilai UCL sebesar 52,56. Upaya pencegahan dan pengurangan kecelakaan yang dapat dilakukan adalah pemasangan rambu peringatan untuk waspada mendahului kendaraan, rambu peringatan berjaga jarak, rambu dilarang putar balik atau menutup titik putar balik dengan pemisah jalan, pemeliharan rumble strip yang sudah terpasang serta memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya keselamatan dalam berkendara.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecelakaan lalu lintas, Kendaraan |
Subjects: | T Technology > TYA Teknik Sipil |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 01:51 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 01:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63181 |
Actions (login required)
View Item |