OPTIMASI VOLUME BETON PONDASI BORED PILE DAN PILE CAP PADA JEMBATAN INTERCHANGE KARTASURA (STUDI KASUS PROYEK JALAN TOL SOLO – YOGYAKARTA – NYIA KULON PROGO)


Khalda Salsabila Eka Putri, 5111419014 (2023) OPTIMASI VOLUME BETON PONDASI BORED PILE DAN PILE CAP PADA JEMBATAN INTERCHANGE KARTASURA (STUDI KASUS PROYEK JALAN TOL SOLO – YOGYAKARTA – NYIA KULON PROGO). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5111419014- Khalda Salsabila Eka Putri - Copy.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen konstruksi merupakan sistem perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan konstruksi untuk mengalokasikan sumber daya secara efektif dan efisien untuk hasil yang optimal. Tujuan pada penelitian ini mengoptimasi volume beton dari struktur pondasi dan pondasi yang digunakan adalah pondasi bored pile dan pile cap. Optimasi volume beton pondasi umumnya menggunakan metode perhitungan konvensional yang dapat dilakukan lebih dari dua kali percobaan perhitungan. Metode optimasi moderen dapat dilakukan dan dikembangkan melalui sebuah sistem komputasi dengan sebuah pemodelan komputer karena dipercaya mampu mendapatkan solusi terbaik dari banyaknya kemungkinan yang ada. Studi kasus yang diangkat dalam penelitian ini adalah pada struktur Jembatan Interchange Kartasura STA 1+259 Proyek Jalan Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon progo. Penelitian ini menggunakan metode Contstraint Programming (CP) yang merupakan metode pemrograman dengan memecahkan masalah dengan sebuah batasan keputusan dan dapat menghasilkan sebuah solusi yang valid. CP Optimizer dapat dijalankan pada aplikasi berbasis pemrograman komputer salah satunya yaitu IBM ILOG CPLEX Optimization Studio 22.1.0. Perhitungan optimasi volume beton dengan metode Constraint Programming (CP) berhasil mendapatkan hasil yang optimal dari perhitungan konvensional. Hal ini juga menjadi manfaat lebih dari penggunaan pemrograman komputer ini karna dapat mengefisienkan sumber daya sesuai kebutuhan, dan penggunaan metode ini juga dapat diatur sesuai yang dibutuhkan oleh insinyur dengan batasan yang diinginkan pada kebutuhan konstruksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Optimasi, Volume Beton, Pondasi, Constraint Programming
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 13 Jun 2024 02:13
Last Modified: 13 Jun 2024 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63173

Actions (login required)

View Item View Item