ANALISIS PERBANDINGAN GAYA DALAM KOLOM PERSEGI DAN KOLOM LINGKARAN DENGAN LUAS PENAMPANG YANG SAMA TERHADAP KEKUATAN PADA GEDUNG RUMAH SAKIT UNIMUS


Sovie Alissa Noor Sovie Alissa Noor, 5111419001 (2023) ANALISIS PERBANDINGAN GAYA DALAM KOLOM PERSEGI DAN KOLOM LINGKARAN DENGAN LUAS PENAMPANG YANG SAMA TERHADAP KEKUATAN PADA GEDUNG RUMAH SAKIT UNIMUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5111419001_Sovie Alissa Noor - Copy.docx] HTML - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kolom adalah komponen struktur bangunan yang tugas utamanya menyangga beban aksial tekan vertikal dengan bagian tinggi yang tidak ditopang paling tidak tiga kali dimensi lateral terkecil. Kolom tidak hanya bertugas menahan beban aksial vertikal saja tetapi juga harus dapat menahan kombinasi beban aksial dan momen lentur. Oleh karena itu, kolo memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai penerus beban seluruh bangunan ke pondasi. Kegagalan kolom akan berakibat langsung pada runtuhnya komponen struktur lain yang berhubungan dengannya, atau bahkan merupakan batas runtuh total keseluruhan struktur bangunan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan menggunakan struktur kolom bulat dan kolom persegi dengan luas penampang yang sama terhadap kekuatan terutama kekuatan dalam menahan keruntuhan akibat gaya aksial, keruntuhan lentur dan keruntuhan geser pada struktur gedung Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Semarang yang pada pelaksanaanya menggunakan struktur kolom persegi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini dengan bantuan program ETABS v.18.0.2 pada kolom persegi dan kolom lingkaran, ditinjau dari kapasitas dan luas penampang yang sama menghasilkan nilai gaya aksial maksimal sebesar 8860.59 kNm, momen arah X sebesar 935.2 kNm, momen arah Y sebesar, gaya geser arah X sebesar 429.09kNm dan gaya geser arah Y sebesar 511.28 kNm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kolom, Persegi, Lingkaran, Gaya Aksial, Momen, Gaya Geser
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:28
Last Modified: 11 Jun 2024 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63152

Actions (login required)

View Item View Item