PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN ALAT UKUR TANAH UNTUK SISWA PADA MATA PELAJARAN DASARDASAR TEKNIK KONSTRUKSI DAN PERUMAHAN SMK NEGERI 2 SALATIGA


Muhammad Eri Ariyanto, 5101419039 (2023) PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN ALAT UKUR TANAH UNTUK SISWA PADA MATA PELAJARAN DASARDASAR TEKNIK KONSTRUKSI DAN PERUMAHAN SMK NEGERI 2 SALATIGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5101419039 - Muhammad Eri Ariyanto - Copy.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Pengenalan jenis-jenis alat ukur tanah dengan pembuatan modul pembelajaran tentang alat ukur tanah untuk siswa pada fase E mata pelajaran dasardasar teknik konstruksi dan perumahan elemen pembelajaran ukur tanah di SMK Negeri 2 Salatiga sangat penting karena alat-alat ukur tanah merupakan bagian integral dari teknologi konstruksi modern. Alat ukur tanah digunakan untuk mengukur dan memetakan lahan, mengumpulkan data topografi, dan memantau perubahan tanah. Siswa harus memiliki pemahaman yang baik tentang alat-alat ukur tanah untuk dapat merencanakan, merancang, dan membangun proyek-proyek konstruksi yang efektif dan efisien. Pada penyusunan modul pembelajaran alat ukur tanah ini disesuaikan dengan kurikulum merdeka. Penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran alat ukur tanah untuk digunakan dalam mata pelajaran dasar-dasar teknik konstruksi dan perumahan di SMK Negeri 2 Salatiga. Modul pembelajaran dinyatakan layak digunakan dengan hasil uji kelayakan oleh ahli dan guru mata pelajaran. Berikut hasil uji kelayakan oleh ahli dan guru mata pelajaran, 1) Ahli Materi dengan presentase kelayakan modul mencapai 91%, dengan rerata skor 4,48 dan dikategorikan dalam kategori “Sangat Layak”, 2) Ahli Media dengan presentase kelayakan modul mencapai 93,9%, dengan rerata skor 4,68 dan dikategorikan dalam kategori “Sangat Layak”, 3) Guru Mata Pelajaran dengan presentase kelayakan modul mencapai 86,66%, dengan rerata skor 4,36 dan dikategorikan dalam kategori “Sangat Layak”. 4) siswa X TKP A dan X TKP B, presentase kelayakan mencapai 77,85%, dengan rerata skor 3,85 dan dikategorikan dalam kategori “Layak”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jenis-jenis Alat Ukur Tanah, Modul Pembelajaran
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:00
Last Modified: 11 Jun 2024 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63149

Actions (login required)

View Item View Item