EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN SISTEM BLOK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 3 SEMARANG


Fany Agustina, 5101419025 (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN SISTEM BLOK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengetahui implementasi pembelajaran sistem blok pada siswa program keahlian DPIB di SMK Negeri 3 Semarang, (2) mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran sistem blok terhadap hasil belajar pada siswa kelas x program keahlian DPIB di SMK Negeri 3 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 72 siswa, dalam penelitian ini, semua populasi diambil. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara dengan beberapa guru, angket yang dibagikan kepada siswa, dan pretest-posttest. Hasil data wawancara dan angket dilakukan analisis deskriptif. Hasil nilai pretest-posttest yang sudah diperolah kemudian dilakukan uji prasyarat normalitas dan homogenitas serta diuji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) implementasi penerapan pembelajaran sistem blok di Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 3 Semarang sudah telaksana dengan baik, (2) efektifitas penerapan pembelajaran sistem blok efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x pada program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 3 Semarang hal tersebut dapat dilihat dari hasil rata-rata posttest pada kelas X DPIB 1 sebesar 93,9 dan kelas X DPIB 2 sebesar 88,4 dengan nilai signifikasi 0,00 < 0,05.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Sistem Blok, Desain Permodelan dan Informasi Bangunan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:13
Last Modified: 07 Jun 2024 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63096

Actions (login required)

View Item View Item