IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MEMBACA PEMAHAMAN TEKS AKSARA JAWA BERBASIS GAME EDUKASI BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BUMIAYU


Nabila Maghfira Dispa Izzani, 2601418074 (2023) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MEMBACA PEMAHAMAN TEKS AKSARA JAWA BERBASIS GAME EDUKASI BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BUMIAYU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601418074_Nabila Maghfira Dispa Izzani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya kemampuan siswa memahami aksara Jawa memicu kesulitan siswa dalam pembelajarannya terutama dengan membaca pemahaman teks aksara Jawa. Salah satu kesulitannya yaitu membedakan aksara Jawa dan pasangannya karena memiliki bentuk dan karakteristik yang hampir sama. Tujuan penelitian ini yaitu mengimplementasikan media pembelajaran puzzle membaca pemahaman teks aksara Jawa berbasis game edukasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bumiayu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimental. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bumiayu. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dilakukan secara purposive sampling yang menghasilkan kelas VII A berjumlah 35 menjadi kelas eksperimen dan VII F berjumlah 36 menjadi kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes berupa soal pretestposttest dan non tes berupa observasi dari hasil pengamatan peneliti. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t independen. Hasil penelitian ini dilihat dari hasil uji t independen menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak H1 diterima. Keputusan di atas mempunyai arti bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar posttest antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen setelah melakukan implementasi media pembelajaran puzzle membaca pemahaman teks aksara Jawa berbasis game edukasi. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari uji N-Gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol di mana pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 0.465432 dalam kategori sedang, pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 0,710477 yang berkategori tinggi. Pada uji keefektifannya menggunakan Uji N-Gain Score, pada kelas kontrol memperoleh nilai 46,54 di mana pada tabel kriteria N-Gain termasuk dalam kategori “kurang efektif” sedangkan pada kelas eksperimen memperoleh nilai 71,04 termasuk dalam kategori “cukup efektif”. Disimpulkan bahwa implementasi media pembelajaran puzzle membaca pemahaman teks aksara Jawa berbasis game edukasi ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman teks aksara Jawa bagi kelas VII di SMP Negeri 1 Bumiayu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, aksara Jawa, Game edukasi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:59
Last Modified: 07 Jun 2024 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63093

Actions (login required)

View Item View Item