PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF MATERI AKSARA JAWA SISWA KELAS VII SMP AL ISLAM GUNUNGPATI


Ilma Fiana, 2601418067 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF MATERI AKSARA JAWA SISWA KELAS VII SMP AL ISLAM GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601418067_Ilma Fiana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan bahan ajar alternatif berupa E-Modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan aksara Jawa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang telah disederhanakan dan dalam penelitian ini hanya menggunakan tiga tahapan atau hanya sampai pembuatan produk saja tidak dilakukan uji coba, tahapan tersebut diantaranya analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket siswa dan wawancara langsung dengan guru. Validator dalam penelitian ini merupakan dua orang guru yang ahli dibidangnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa EModul berbasis Problem Based Learning (PBL) sebagai bahan ajar alternatif materi aksara Jawa siswa kelas VII SMP Al Islam Gunungpati layak untuk digunakan diketahui dari hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media. Dari akumulasi validasi ahli materi diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,61% yang termasuk dalam kategori sangat layak sedangkan akumulasi validasi oleh ahli media dari E-Modul berbasis Problem Based Learning (PBL) ini memperoleh rata-rata 79,61% dan termasuk dalam kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis Problem Based Learning (PBL) sebagai bahan ajar alternatif materi aksara Jawa ini sangat layak untuk digunakan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan E-Modul, Problem Based Learning (PBL), Aksara
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:55
Last Modified: 07 Jun 2024 01:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63092

Actions (login required)

View Item View Item