STRATEGI DAN EVALUASI PEMBELAJARAN ANSAMBEL GITAR KELAS XI DI SMKN 2 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA


Rizky Kurniawan, 2501419101 (2023) STRATEGI DAN EVALUASI PEMBELAJARAN ANSAMBEL GITAR KELAS XI DI SMKN 2 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501419101_Rizky Kurrniawan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah merupakan tempat para siswa untuk mencari ilmu dan mengembangkan potensi yang mereka miliki, salah satunya potensi dibidang musik. Kegiatan mata pelajaran ansambel gitar di SMKN 2 Kasihan Bantul Yogyakarta dapat membantu siswa untuk melatih potensi siswa dibidang musik khususnya musik klasik pada instrumen gitar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran ansambel gitar kelas XI di SMKN 2 Kasihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengamatan langsung dapat dimulai dengan memperhatikan dan menelaah fokus fenomena yang adan diteliti, yaitu melihat aspek subjektif dari perilaku objek. Sumber data penelitian diperoleh dari tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis ata yang digunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Triangulasi digunakan untuk menguji kredibilitas penelitian ini. Sumber, metode, dan teori teknik triangulasi semuanya berkontribusi pada validitas data yang diperlukan. Lokasi penelitian dilakukan di Kampus Mardawa Mandala di Jl. PG. Madukismo, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa selama proses pelaksanaan pembelajaran ansambel gitar, guru menggunakan 3 strategi pembelajaran yaitu strategi pembelajaran ekspositori dimana guru menyampaikan materi secara verbal ke siswa ansambel gitar kelas XI agar dapat menguatkan materi pembelajaran dengan optimal. Kedua menggunakan strategi pembelajaran inkuiri yaitu menekankan keaktifan siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan, artinya strategi inkuiri menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Ketiga menggunakan strategi pembelajaran kooperatif adalah strategi di mana para peserta didik bekerja dalam kelompok-kelompok atau tim-tim untuk mempelajari konsep-konsep atau materi-materi. Dalam penelitian ini peneliti juga mengevaluasi strategi pembelajaran terhadap guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada guru pengampu untuk meningkatkan kreativitas dalam melaksanakan pembelajaran ansambel gitar khususnya dalam mengembangkan potensi lebih kepada para siswa dan solidaritas antar pemain ansambel. Siswa harus memanfaatkan waktu yang ada untuk belajara dan berlatih serta dapat bekerjasama dengan guru selama proses pembelajaran ansambel gitar berlangsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gitar, Ansambel, Pembelajaran, Strategi, Evaluasi, SMKN 2 Kasihan
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:17
Last Modified: 06 Jun 2024 06:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63028

Actions (login required)

View Item View Item