STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SD NEGERI 01 PODODADI KABUPATEN PEKALONGAN


Rifqi Lisenia Safitri, 2501419014 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SD NEGERI 01 PODODADI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501419014- Rifqi Lisenia Safitri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan syarat penting yang harus diterapkan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran agar tercapainya tujuan pembelajaran. Penerapan strategi pembelajaran tidak hanya dalam kegiatan pembelajaran intrakurikuler saja, akan tetapi kegiatan ekstrakurikuler juga menerapkan strategi pembelajaran. SD Negeri 01 Pododadi adalah salah satu sekolah dasar yang menerapkan kegiatan ekstrakurikuler karawitan dengan menerapkan strategi pembelajaran dalam pelaksanaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan strategi pembelajaran ekstrakurikuler karawitan di SDN 01 Pododadi Kabupaten Pekalongan dan mengetahui motivasi yang mendorong peserta didik untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SDN 01 Pododadi Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menerapkan teknik observasi partisipasi berbentuk pasif, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini dimulai dari tahap orientasi, tahap reduksi, dan tahap seleksi yang nantinya akan disajikan dalam bentuk laporan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler karawitan di SDN 01 Pododadi menerapkan beberapa strategi pembelajaran yang membuat peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler merasa senang dan nyaman dalam proses pembelajarannya. Strategi yang diterapkan oleh guru yaitu strategi pembelajaran tuntas dan strategi pembelajaran menyenangkan, sedangkan metode yang digunakan oleh guru dalam menyajikan materi yaitu metode pembelajaran ceramah, metode pembelajaran demonstrasi dan metode pembelajaran drill and practice (latihan dan praktek). Materi yang disampaikan masih berupa gendhing lancaran, akan tetapi cara yang digunakan oleh guru yaitu selalu menerapkan kesabaran, saling menghormati satu sama lain, dan juga menerapkan strategi pembelajaran menyenangkan membuat peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler merasa nyaman dan bahagia. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa motivasi yang mendorong peserta didik untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karawitan dapat digolongkan menjadi dua jenis motivasi yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, ekstrakurikuler karawitan, motivasi.
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:27
Last Modified: 06 Jun 2024 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62995

Actions (login required)

View Item View Item