PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK TERHADAP KUALITAS BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 1 TOROH
Galuh Ajeng Pratiwi, 2501418014 (2023) PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK TERHADAP KUALITAS BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 1 TOROH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pada dasarnya setiap manusia dalam kehidupan tidak terlepas dari musik. Yang dimaksudkan dengan musik tersebut adalah unsur-unsur musik seperti bunyi, nada, ritme, ketukan, dan yang lainnya. Musik adalah suatu karya seni yang disampaikan dengan media alat musik atau suara. Disamping menguirangi kecemasan, setiap alunan lagu yang menenangkan juga bisa membuat perasaan menjadi lebih tenang dan nyaman, kondisi inilah yang membuat otak mudah menerima materi dan mencernanya dengan dengan baik ketika belajar. Dalam lapangan, terdapat kondisi dimana siswa mengalami penurunan nilai dan kurangnya pemahaman materi terhadap mata pelajaran Seni Budaya dengan materi pembagian alat musik. Disamping itu, guru telah menyediakan berbagai media tambahan seperti audio maupun video yang ditujukan sebagai media pembelajaran bagi siswa, namun guru tidak memberikan demonstrasi langsung pada saat pembelajaran di kelas, sehingga kesulitan dalam mempelajari materi yang terkait. Dalam permasalahan tersebut diambil salah satu praduga yang mengakibatkan pemahaman dan nilai siswa menurun yaitu, terdapat permasalahan dalam aktivitas belajar siswa dimana berfokus kepada kualitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh mendengarkan musik terhadap kualitas belajar siswa di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Toroh. Penelitian ini berfokus terhadap seberapa besar pengaruh mendengarkan musik terhadap kualitas belajar siswa dan genre musik yang didengarkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi dengan tujuan menjelaskan seberapa besar pengaruh mendengarkan musik terhadap kualitas belajar pada siswa. Sasaran dan lokasi penelitian dilakukan pada siswa kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 1 Toroh di Kabupaten Grobogan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepada siswa yang berisi beberapa pernyataan dan melakukan wawancara dengan guru seni budaya yang terkait mengenai pembelajaran siswa terhadap seni musik. Manfaat dari penelitian ini adalah menambah pengetahuan serta masukan pada siswa SMA Negeri 1 Toroh dan hasil penelitian yang didapatkan dapat diaplikasikan sehari-hari sebagai upaya meningkatkan kualitas belajar dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa siswa mendengarkan musik dengan tujuan agar lebih semangat ketika belajar, ada pula beberapa yang mendengarkan musik agar merasa lebih fokus terhadap materi yang sedang dipelajari. Siswa berpendapat bahwa kegiatan belajar lebih menyenangkan dengan mendengarkan musik. Bahkan, tanpa mendengarkan musik, siswa merasa tidak dapat fokus ke materi pembelajaran yang sedang dipelajari. Sebanyak 75% siswa mendengarkan musik Ketika belajar, dan sisanya 25% tidak mendengarkan musik saat belajar. Dengan mendengarkan musik, kualitas belajar menjadi lebih meningkat, dibuktikan dengan pemahaman materi oleh siswa yang cukup baik dan konsentrasi siswa saat belajar meningkat dibandingkan tanpa mendengarkan musik. Namun demikian, sebanyak 52,8% siswa setuju bahwa mendengarkan musik dapat membantu siswa dalam mempelajari materi pembagian alat musik dan 47,2% merasa tidak terbantu dalam mempelajari pembagian alat musik dengan mendengarkan musik. Selain itu, genre musik yang didengarkan siswa selama ativitas belajar juga beragam. Sebanyak hampir 89,9% dari siswa mendengarkan musik dengan genre yang sesuai dengan minat mereka dan 11,1% tidak. Ada pula yang mendengarkan musik dengan genre yang mengikuti suasana hati mereka saat itu yang dapat berubah kapan saja (tidak pasti). Jenis musik instrument maupun lagu (dengan lirik) sama-sama memberikan mereka konsentrasi, dan tidak ada perbedaan konsentrasi diantara kedua jenis musik tersebut. Akan tetapi, sebanyak 75% siswa setuju apabila musik dengan tempo sedang-lambat cocok diperdengarkan selama aktivitas belajar, sedangkan 25% vi siswa mengungkapkan sebaliknya. Genre musik yang didengarkan oleh siswa yaitu musik popular sebagai musik favorit, disusul dengan musik ballad diperingkat kedua, musik dangdut diperingkat ketiga dan musik rock dengan peminat paling sedikit. Tentunya, genre musik yang didengarkan oleh siswa selama aktivitas belajar menunjukkan pengaruh terhadap kualitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | musik, pengaruh, mendengarkan, kualitas belajar, genre, siswa |
Subjects: | N Fine Arts > NN Music |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 01:40 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 01:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62954 |
Actions (login required)
View Item |