KOREOGRAFI TARI BABAD ALAS DALAM SENDRATARI TARI BABAD TANALUM GRUP TARI ARDI SIWI DI DESA TANALUM KABUPATEN PURBALINGGA


Yeni Sofia Ramadani, 2501417012 (2023) KOREOGRAFI TARI BABAD ALAS DALAM SENDRATARI TARI BABAD TANALUM GRUP TARI ARDI SIWI DI DESA TANALUM KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501417012_Yeni Sofia Ramadani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tari Babad Alas dalam sendratari Tari Babad Tanalum sebagai ikon desa yang terinspirasi dari cerita sejarah awal mula berdirinya Desa Tanalum gambaran tokoh Pangeran Kuncung. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis bentuk dan proses koreografi Tari Babad Alas dalam Sendratari Tari Babad Tanalum Grup Tari Ardi Siwi Di Desa Tanalum Kabupaten Purbalingga. Metode yang digunakan yakni metode kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan etnokoreologi, penulis dapat mengungkapkan latar belakang Tari Babad Alas dalam Sendratari Tari Babad Tanalum dan proses koreografi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data: triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik Analisis data: Reduksi data, Penyajian data, dan Verifikasi data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bentuk koreografi Tari Babad Alas dalam sendratari Tari Babad Tanalum terdiri dari: Tema Tari Babad Alas dalam sendratari Tari Babad Tanalum adalah tema literal yang mengambil kisah tentang perjuangan Pangeran Kuncung sebagai peran tokoh utama. Jenis Tari Babad Alas dalam sendratari Tari Babad Tanalum yaitu kategori tari kreasi baru. Gerak Tari Babad Alas dalam sendratari Tari Babad Tanalum mencerminkan kehidupan masyarakat Desa Tanalum. Gerak penari putra bersifat gagah dan pemberani. Jumlah penari Tari Babad Alas dalam sendratari Tari Babad Tanalum ada 4 orang, meliputi: 3 sebagai Kelompok Kecu dan 1 sebagai peran Pangeran Kuncung. Iringan Tari Babad Alas dalam sendratari Tari Babad Tanalum menggunakan musik calung dengan laras pelog dan laras slendro. Pola lantai Tari Babad Alas dalam sendratari Tari Babad Tanalum ada 2 bagian. Properti Tari Babad Alas dalam sendratari Tari Babad Tanalum ada 2 bagian. Rias yang digunakan penari putra menggunakan rias sederhana. Busana yang digunakan penari Tari Babad Alas dalam sendratari Tari Babad Tanalum menggambarkan motif batik kehidupan masyarakat Desa Tanalum. Proses koreografi Tari Babad Alas dalam sendratari Tari Babad Tanalum terdiri dari 4 tahapan: proses terbentuknya ide, eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Saran yang di sampaikan oleh penulis dalam penelitian yakni bagi Ibu Icus selaku koreografer agar dapat mengembangkan karya tari baru yang menciptakan gerak dan pola lantai Tari Babad Alas dalam sendratari Tari Babad Tanalum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Tari, Proses Koreografi, dan Tari Babad Alas
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Jun 2024 00:57
Last Modified: 06 Jun 2024 00:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62947

Actions (login required)

View Item View Item