PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BERBASIS DIGITAL UNTUK RUMAHTINGGAL.ID


Rahmadila Karimatun Nisa, 2411419013 (2023) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BERBASIS DIGITAL UNTUK RUMAHTINGGAL.ID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411419013 - Rahmadila Karimatun Nisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pada hakikatnya, manusia membutuhkan suatu tempat untuk mereka bernaung, melindungi mereka dari berbagai bahaya yang dapat mengancam keberlangsungan hidup, seperti perubahan cuaca, iklim, bencana alam, dan lain sebagainya. Rumah merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan kebutuhan manusia tersebut. RumahTinggal.id hadir sebagai sebuah marketplace yang menawarkan produk berupa desain rumah dan juga jasa konsultasi arsitektur, dengan partner arsitek profesional berstandar Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Dengan tren gaya hidup yang sangat mengandalkan teknologi internet dalam segala aspek, generasi muda atau generasi milenial tentunya sangat familiar dengan internet. Dengan kemudahan akses informasi menjadikan generasi milenial memiliki wawasan yang luas dan tren yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Memiliki rumah di usia muda merupakan salah satu tren yang ada di generasi milenial. Mempertimbangkan tren tersebut, saat ini beberapa perusahaan dengan penawaran jasa serupa dengan RumahTinggal.id juga turut bermunculan. RumahTinggal.id membutuhkan media untuk mereka berpromosi agar tetap dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan serupa, dengan media promosi yang dapat dijangkau oleh banyak audiens. Media promosi berbasis digital menjadi pilihan untuk RumahTinggal.id karena memiliki jangkauan yang sangat luas, bahkan hampir tak terbatas. Internet juga merupakan sarana yang sangat sering diakses oleh generasi milenial dalam kehidupan sehari-harinya. Baik media sosial, situs website, aplikasi video pendek, dan lain sebagainya. Proyek studi ini menggunakan metode pengumpulan data wawancara, observasi partisipasi, studi pustaka, dan kuesioner. Tahap berkarya dalam proyek studi ini dimulai dengan tahap pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Tujuan dirancangnya proyek studi ini adalah untuk menciptakan media promosi berbasis digital untuk digunakan RumahTinggal.id dalam kegiatan berpromosinya di internet agar dapat bersaing di pasaran. Media promosi hasil rancangan proyek studi ini dinyatakan mampu meningkatkan audiens yang mengetahui dan tertarik dengan RumahTinggal.id dan meningkatkan jumlah kunjungan laman RumahTinggal.id, yang dibuktikan melalui insight media sosial milik RumahTinggal.id, penyelenggaraan pameran, dan survey yang diisi oleh para audiens media promosi RumahTinggal.id.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Promosi, Media Promosi Digital, RumahTinggal.id
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:58
Last Modified: 05 Jun 2024 07:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62906

Actions (login required)

View Item View Item