(ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMAHAMI PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ELEMEN MASYARAKAT BELAJAR PADA SISWA KELAS VIIB SMP N 2 KARANGTENGAH DEMAK


Amanu Adi Wicaksono , 2101402008 (2007) (ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMAHAMI PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ELEMEN MASYARAKAT BELAJAR PADA SISWA KELAS VIIB SMP N 2 KARANGTENGAH DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMAHAMI PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ELEMEN MASYARAKAT BELAJAR PADA SISWA KELAS VIIB SMP N 2 KARANGTENGAH DEMAK]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMAHAMI PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ELEMEN MASYARAKAT BELAJAR PADA SISWA KELAS VIIB SMP N 2 KARANGTENGAH DEMAK) - Published Version
Download (127kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, khususnya pembelajaran membaca puisi dan mendiskusikan maknanya (membaca pemahaman puisi) merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan daya apresiasi terhadap puisi. Puisi sebagai karya sastra yang banyak menggunakan bahasa kias, sehingga menjadi suatu kendala bagi siswa untuk mendapatkan makna yang sebenarnya. Hal tersebut yang melatarbelakangi peneliti untuk mengadakan penelitian tentang membaca pemahaman puisi dengan pendekatan kontekstual elemen masyarakat belajar guna meningkatkan kemampuan siswa. Dalam penelitian ini, masalah yang diteliti adalah 1) bagaimanakah peningkatan keterampilan memahami puisi siswa kelas VIIB SMP N II Karangtengah Demak setelah dilaksanakan pembelajaran memahami puisi dengan pendekatan kontekstual elemen masyarakat belajar?, 2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VII B SMP N II Karangtengah Demak setelah dilaksanakan pembelajaran memahami puisi dengan pendekatan kontekstual elemen masyarakat belajar?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan memahami puisi siswa kelas VIIB SMP N II Karangtengah Demak setelah dilaksanakan pembelajaran memahami puisi dengan pendekatan kontekstual elemen masyarakat belajar dan mendeskripsikan perubahan sikap antusias siswa kelas VII SMP N II Karangtengah Demak setelah dilaksanakan pembelajaran memahami puisi dengan pendekatan kontekstual Elemen Masyarakat Belajar. Subjek penelitian ini adalah keterampilan memahami puisi siswa VII B SMP N 2 Karangtengah Demak. Adapun sumber data yang dipilih adalah siswa kelas VII B SMP N 2 Karangtengah Demak tahun ajaran 2005/2006. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas yang berupa pendekatan kontekstual elemen masyarakat belajar dan variabel terikat yang berupa kemampuan siswa dalam menginterprestasikan sebuah puisi melalui data yang mendukung seperti gaya bahasa atau majas, nilai rasa, tema, dan amanat. Instrumen dalam penelitian ini dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes dan nontes. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes tertulis dan teknik nontes berupa data hasil observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi berupa foto. Hasil penelitian pada siklus I skor rata-rata pemahaman puisi siswa menunjukan hasil berkategori kurang. Jumlah siswa dengan pemahaman sangat baik sebanyak 2 siswa atau 5.71 %, 9 siswa atau 25.71 % dalam kategori pemahaman baik. 5 siswa atau 14.29 % memiliki pemahaman cukup. 15 siswa atau 42.86 % memiliki pemahaman kurang, dan 4 siswa atau 11.43 % memiliki pemahaman sangat kurang. Siklus I tidak sesuai dengan target penelitian, yaitu 70 % dari 35 siswa yang dijadikan sampel (yang mengikuti tes) memiliki nilai rata-rata 60. Pada siklus II, 6 siswa atau 17.14 % memiliki kemampuan pemahaman puisi sangat baik, 22 siswa atau 62.86 % memiliki kemampuan baik, 4 siswa atau 11.43 % memiliki kemampuan cukup dan 3 siswa atau 8.57 % memiliki kemampuan kurang. Pada siklus II, sudah sesuai target, yaitu 70 % dari 35 siswa yang mengikuti tes memiliki rata-rata nilai 70. Setelah digunakan teknik pembelajaran kontekstual elemen masyarakat belajar terjadi perubahan tingkah laku siswa. Siswa yang sebelumnya merasa kurang siap dan kurang aktif dalam pembelajaran menjadi lebih siap dan aktif mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan pendekatan kontekstual elemen masyarakat belajar dalam kegiatan pembelajaran mengapresiasi karya sastra, khususnya memahami puisi. Bagi para peneliti disarankan agar melakukan penelitian serupa tetapi dengan teknik pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan memahami, puisi, pendekatan kontekstual, elemen masyarakat belajar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2011 03:43
Last Modified: 26 Oct 2011 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6290

Actions (login required)

View Item View Item