ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA MANDARIN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA PAPUA KELAS X SMA KEBON DALEM SEMARANG


Putri Septiana, 2404419009 (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA MANDARIN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA PAPUA KELAS X SMA KEBON DALEM SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2404419009-Putri Septiana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pengalaman penulis yang melaksanakan kegiatan Praktik Mengajar (PLP) selama 3 bulan di SMA Kebon Dalem. Selama masa PLP berlangsung penulis menemukan ketika siswa Papua praktik membaca di depan kelas terjadi kesulitan pelafalan. Hal ini dikarena siswa Papua masih terbawa dengan Bahasa Papua dengan logat yang khas. Selain itu, siswa Papua juga kurang aktif dalam pembelajaran di kelas. Hal tersebut menjadi kendala yang menyebabkan siswa Papua kesulitan dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis akan meneliti faktor lain yang dapat mempengaruhi kesulitan belajar bahasa Mandarin keterampilan membaca pada siswa Papua kelas X SMA Kebon Dalem Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor internal dan faktor eksternal yang dapat memengaruhi siswa Papua kelas X SMA Kebon Dalem Semarang mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Mandarin keterampilan membaca. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Papua yang ada di SMA Kebon Dalem Semarang yang berjumlah 7 siswa Papua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik angket. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh angket, observasi dan wawancara, ada beberapa faktor yang mempengaruhi siswa Papua mengalami kesulitan belajar bahasa Mandarin keterampilan membaca, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi siswa Papua kelas X mengalami kesulitan yakni siswa Papua kurang aktif, kurang minat dan kurangnya inisiatif dalam pembelajaran di kelas, sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi siswa Papua mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Mandarin keterampilan membaca yakni adanya pengaruh lingkungan tempat tinggal, pengaruh lingkungan sekolah termasuk teman sekelas dan bahasa Ibu yang digunakan oleh siswa Papua. Dari faktor-faktor tersebut menyebabkan siswa Papua masih mengalami kesulitan pada belajar bahasa Mandarin keterampilan membaca yaitu kesulitan dalam membaca pinyin termasuk nada, huruf konsonan dan huruf vokal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesulitan, Membaca Mandarin, Siswa Papua
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:55
Last Modified: 05 Jun 2024 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62875

Actions (login required)

View Item View Item