PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN MEDIA KRAYON PADA ANAK DI “SANGAR RUMAH KREATIFA 443” SEMARANG
Arindha Safia Kiranti, 2401418032 (2023) PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN MEDIA KRAYON PADA ANAK DI “SANGAR RUMAH KREATIFA 443” SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh potensi kreatif anak dalam bidang seni rupa yang didapat melalui pendidikan nonformal. Pada pelaksanaan kegiatan berkreasi gambar anak media yang dipilih adalah krayon. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan: (1) mendeskripsikan dan menjelaskan proses pembelajaran menggambar pada anak dengan media krayon di sanggar “Rumah Kreatifa 443” Semarang. (2) menjelaskan dan menganalisis hasil kreasi gambar anak dengan media krayon di sanggar “Rumah Kreatifa 443” Semarang. (3) mendeskripsikan dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran menggambar pada anak dengan media krayon di Sanggar “Rumah Kreatifa 443” Semarang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di sanggar “Rumah Kreatifa 443” Kota Semarang, dengan subjek peserta/ murid dan para pengajar di sanggar “Rumah Kreatifa 443”. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu sebagai berikut. Pertama, proses kegiatan di Sanggar “Rumah Kreatifa 443” diadakan secara rutin di hari Kamis-Minggu. Ada beberapa tahapan dalam kegiatan pembelajaran di sanggar, yakni pembuka, inti, dan penutup. Tahap pembuka, pengajar mengawali dengan salam pembuka, presensi kelas, dan doa bersama. Kegiatan inti, dimulai ketika pengajar memberikan materi dengan tema tertentu kemudian murid mengikuti arahan dari pengajar. Tahap penutup, dimana hasil karya anak dievaluasi secara singkat oleh pengajar. Kedua, hasil karya gambar murid di sanggar sebagian besar termasuk dalam kategori baik. Sebagian murid mampu membuat garis yang tegas dan spontan, sehingga menghasilkan goresan gambar yang baik, gradasi warna yang ditampilkan cukup variatif, terakhir penambahan objek ornament pada gambar sebagai finishing. Ketiga, ada beberapa faktor dalam kegiatan berkreasi seni di sanggar, yakni faktor pendukung dan penghambat. Masing-masing faktor memiliki faktor internal yang berasal dari sanggar, dan faktor eksternal yang berasal dari anak. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada: (1) pihak Sanggar “Rumah Kreatifa 443”, hendaknya dapat lebih mengoptimalkan sarana dan prasarana yang tersedia dalam kegiatan pembelajaran di sanggar. (2) mengadakan kegiatan pameran sebagai bentuk apresiasi kepada anak. (3) evaluasi hasil karya anak yang lebih mendetail.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Gambar Anak, Krayon |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 02:16 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 02:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62866 |
Actions (login required)
View Item |