GANGGUAN DEPRESI PADA TOKOH UTAMA DALAM ROMAN LA FILLE DE PAPIER KARYA GUILLAUME MUSSO : KAJIAN KOGNITIF AARON TEMKIN BECK


Yusrotul Aeni, 2311417015 (2023) GANGGUAN DEPRESI PADA TOKOH UTAMA DALAM ROMAN LA FILLE DE PAPIER KARYA GUILLAUME MUSSO : KAJIAN KOGNITIF AARON TEMKIN BECK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2311417015  - Yusrotul Aeni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Roman La Fille de Papier, sebuah roman karya Guillaume Musso, mengisahkan tentang Tom Boyd, seorang penulis terkenal bernama Tom Boyd yang merasa terjebak dalam sebuah depresi yang sangat dalam hingga kehilangan kemampuan untuk menulis. Ia merasa tidak ada lagi arti dalam hidupnya setelah putus dari hubungan dengan kekasihnya, Aurora Valancourt. Penelitian ini bertujuan menjelaskan penyebab dan gejala depresi yang dialami tokoh utama menggunakan teori Kognitif Aaron Temkin Beck berdasarkan pendekatan Psikologi Sastra. Objek material yang digunakan dalam penelitian ini adalah roman La Fille de Papier karya Guillaume Musso. Objek formal dalam roman ini adalah gangguan depresi dalam roman La Fille de Papier menurut perspektif Kognitif Aaron Temkin Beck. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kognitif oleh Aaron Temkin Beck. Kemudian metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Simpulan dari penelitian ini terdapat penyebab depresi pada Tom Boyd meliputi pandangan negatif pada diri sendiri, lingkungan, dan masa depan. Sedangkan gejala depresi yang dialaminya meliputi gejala afektif, motivasi, kognitif, dan perilaku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: depresi, La Fille de Papier, psikologi sastra, teori kognitif
Subjects: P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:30
Last Modified: 04 Jun 2024 07:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62811

Actions (login required)

View Item View Item