REPRESENTASI IDENTITAS ANDROGINI DALAM ROMAN SÉRAPHÎTA KARYA HONORÉ DE BALZAC : TINJAUAN QUEER JUDITH BUTLER


Anggita Mulia Arum, 2311416029 (2023) REPRESENTASI IDENTITAS ANDROGINI DALAM ROMAN SÉRAPHÎTA KARYA HONORÉ DE BALZAC : TINJAUAN QUEER JUDITH BUTLER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2311416029_ANGGITA MULIA ARUM.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Séraphita merupakan roman yang ditulis oleh Honoré de Balzac dan diterbitkan pada tahun 1834 oleh Revue de Paris. Roman ini menceritakan tentang bagaimana tokoh Séraphita mempertahankan kesuciannya di dunia demi mendapatkan kebahagiaan abadi di kehidupan kedua. Tokoh Séraphita digambarkan sebagai seseorang yang gendernya sulit ditentukan oleh siapapun karena memiliki sisi maskulinitas dan feminitas yang seimbang. Dalam menganalisis roman Séraphita, peneliti menggunakan kajian teori Queer Judith Butler. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis identitas tokoh Séraphita melalui Performativitas Perbincangan Androgini, Performativitas Penampilan dan Fisik serta Performativitas Gambaran Orientasi Seksual. Sumber data penelitian ini adalah roman Séraphita karya Honoré de Balzac. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif analitik yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta – fakta yang berada pada roman kemudian dianalisis kebenarannya. Simpulan yang didapatkan dari analisis penelitian ini adalah dalam performativitas perbincangan androgini ditemukan perbincangan oleh tokoh lain dan pengakuan diri tokoh Séraphita tentang seksualitas, kemudian performativitas penampilan dan fisik direpresentasikan melalui penampilan dan sikap androgini serta terakhir performativitas gambaran orientasi seksual diwujudkan melalui penolakan perasaan yang diungkapkan oleh tokoh Wilfrid dan Minna. Tokoh Séraphita tidak memiliki ketertarikan akan cinta yang penuh hasrat. Ia hanya mencintai Tuhan dan memfokuskan hidupnya dalam Kristus demi kebahagiaan abadi di kehidupan kedua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Séraphita merupakan roman yang ditulis oleh Honoré de Balzac dan diterbitkan pada tahun 1834 oleh Revue de Paris. Roman ini menceritakan tentang bagaimana tokoh Séraphita mempertahankan kesuciannya di dunia demi mendapatkan kebahagiaan abadi di kehidupan kedua. Tokoh Séraphita digambarkan sebagai seseorang yang gendernya sulit ditentukan oleh siapapun karena memiliki sisi maskulinitas dan feminitas yang seimbang. Dalam menganalisis roman Séraphita, peneliti menggunakan kajian teori Queer Judith Butler. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis identitas tokoh Séraphita melalui Performativitas Perbincangan Androgini, Performativitas Penampilan dan Fisik serta Performativitas Gambaran Orientasi Seksual. Sumber data penelitian ini adalah roman Séraphita karya Honoré de Balzac. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif analitik yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta – fakta yang berada pada roman kemudian dianalisis kebenarannya. Simpulan yang didapatkan dari analisis penelitian ini adalah dalam performativitas perbincangan androgini ditemukan perbincangan oleh tokoh lain dan pengakuan diri tokoh Séraphita tentang seksualitas, kemudian performativitas penampilan dan fisik direpresentasikan melalui penampilan dan sikap androgini serta terakhir performativitas gambaran orientasi seksual diwujudkan melalui penolakan perasaan yang diungkapkan oleh tokoh Wilfrid dan Minna. Tokoh Séraphita tidak memiliki ketertarikan akan cinta yang penuh hasrat. Ia hanya mencintai Tuhan dan memfokuskan hidupnya dalam Kristus demi kebahagiaan abadi di kehidupan kedua.
Subjects: P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:42
Last Modified: 04 Jun 2024 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62793

Actions (login required)

View Item View Item