KEEFEKTIFAN MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 KUDUS


Pricillia Rizqa Intan Purnama, 2303419037 (2023) KEEFEKTIFAN MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303419037_Pricillia Rizqa Intan Purnama.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan membaca adalah kemampuan pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan penulis, sedangkan keterampilan menulis adalah usaha mengungkapkan pikiran dan perasaan seorang pemakai bahasa. Adapun pada kedua keterampilan tersebut terhadap siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Kudus masih merasa kesulitan. Peserta didik masih kesulitan untuk melafalkan huruf-huruf dan ejaan berharakat lengkap yang terdapat dalam bacaan, juga sedikitnya kosakata bahasa Arab yang dikuasai menjadikan peserta didik sulit untuk menulis karangan berbahasa Arab. Oleh karena itu, media infografis dapat dijadikan sebagai studi efektivitas di sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan keefektifan media infografis terhadap keterampilan membaca (maharah qira'ah) dan menulis (maharah kitabah) bahasa Arab bagi siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kudus. Jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian eksperimen, teknik komparasi menggunakan experiment class and experiment control class design (eksperimen semu) dengan pola nonequivalen control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non-tes. Instrumen tes yang digunakan adalah tes tertulis, sedangkan instrumen non-tes yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa penerapan media infografis efektif. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata pre-test dan post-test pada kelas kontrol sebesar 86 dan 88. Adapun nilai rata-rata pre-test dan post-test keterampilan menulis sebesar 80 dan 81. Sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test keterampilan membaca sebesar 81 dan 91. Adapun nilai rata-rata pre-test dan post-test keterampilan menulis sebesar 80 dan 93. Berdasarkan hasil uji t menggunakan SPSS, bahwa nilai signifikansi 0,000 untuk keterampilan membaca, bila nilai signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa media infografis efektif. Berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS, juga dapat dilihat bahwa nilai signifikansi 0,002 untuk keterampilan menulis, bila nilai signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak, maka media infografis juga efektif untuk keterampilan membaca dan menulis siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kudus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Infografis, Keterampilan Membaca, dan Keterampilan Menulis
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:39
Last Modified: 04 Jun 2024 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62782

Actions (login required)

View Item View Item