PENGEMBANGAN MUJARAB (MU’JAM JAWA-ARAB) SEBAGAI PENUNJANG KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS X MA/SMA DI PATI


Inarotud Dujja, 2303419024 (2023) PENGEMBANGAN MUJARAB (MU’JAM JAWA-ARAB) SEBAGAI PENUNJANG KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS X MA/SMA DI PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303419024_Inarotud Dujja.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Mujarab (Mu‟jam Jawa-Arab) adalah sebuah kamus tematik online berbasis website yang digunakan untuk menunjang keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X MA/SMA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pada siswa kelas X MA/SMA di Pati yang masih kesulitan dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pada keterampilan berbicara. Kesulitan tersebut disebabkan oleh minimnya kosakata yang dikuasai siswa. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menambah kosakata siswa adalah kamus. Kemudian peneliti mengembangkan suatu kamus tematik online berbasis website yang diberi nama “Mujarab” dengan menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Jawa dan bahasa Arab. Bahasa Jawa dipilih karena bahasa Jawa merupakan bahasa pengantar dalam pembelajaran. Selain itu, bahasa Jawa berfungsi sebagai pelestari budaya Jawa dan sebagai media penanaman karakter dan nilai kesopanan terhadap siswa. Mujarab dapat diakses di: https://bit.ly/KamusMUJARAB. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana analisis kebutuhan terhadap pengembangan Mujarab, 2) Bagaimana desain Mujarab, 3) dan Bagaimana validasi ahli dan guru terhadap Mujarab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian dan pengembangan (R&D). Model penelitian menggunakan model ADDIE dengan tanpa menggunakan tahapan implementation. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas X di MA Sunan Prawoto dan SMA Muhammadiyah 3 Kayen dengan teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ialah: 1) Guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan Mujarab; 2) Desain Mujarab ini memiliki beberapa fitur yaitu Beranda, Mufradat; Ta‟birat; Hiwar, Imtihan, Mahfudzat, Irsyad, dan Profil; 3) Penilaian terhadap Mujarab pada aspek kelayakan bahasa dan materi memperoleh nilai rata-rata 45,4, sedangan pada aspek media memperoleh nilai rata-rata 43,2. Total nilai rata-rata Mujarab adalah 88,6 dengan kategori sangat layak, sehingga dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X MA/SMA. 4) Perbaikan Mujarab oleh para ahli meliputi: pemilihan warna pada media sebagai pembeda produk, perubahan ikon pada menu “Beranda” dalam Mujarab, perbaikan pada gambar yang kurang sesuai, perbaikan pada tata bahasa yang kurang tepat, perubahan diksi kata pada kosakata berbahasa Jawa, perubahan ukuran gambar, penyeragaman jenis font di setiap halaman, dan perubahan urutan menu Mujarab menjadi: 1) Beranda, 2) Pituduh, 3) Kosakata, 4) Ungkapan, 5) Dhialog, 6) Gladhen, 7) Kata mutiara, dan 8) Profil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mujarab, Mu‟jam Jawa-Arab, Keterampilan Berbicara Bahasa Arab.
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:28
Last Modified: 04 Jun 2024 02:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62780

Actions (login required)

View Item View Item