JAMBU (JARUM BERPUTAR): PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS XI MA/SLTA DI KABUPATEN KLATEN


Muhammad Wildan Hakim, 2303419023 (2023) JAMBU (JARUM BERPUTAR): PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS XI MA/SLTA DI KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303419023 - Muhammad Wildan Hakim.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang terjadi pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas XI MA/SLTA di Kabupaten Klaten, yang dianggap sulit dan kurang menarik bagi siswa. Fenomena ini didasari oleh beberapa faktor, antara lain guru masih sangat jarang menggunakan media, media yang digunakan guru kurang bervariatif dan inovatif, dan media yang digunakan tidak disesuaikan dengan tujuan atau keterampilan membaca yang diajarkan. Hal ini berdampak pada kurangnya penerimaan materi pada siswa, dan kebosanan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, untuk membantu guru dalam penyampaian materi dan membantu siswa dalam menerima materi, perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat menjadi alternatif dalam proses pembelajaran dan menumbuhkan semangat belajar siswa khususnya untuk mempelajari keterampilan membaca bahasa Arab, salah satunya dengan pengembangan media Jambu (Jarum Berputar). Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media Jambu (Jarum Berputar)?, (2) Bagaimana purwarupa media Jambu (Jarum Berputar)?, (3) Bagaimana hasil validasi ahli dan guru terhadap media Jambu (Jarum Berputar)?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantilatif (Mix Method) dengan penelitian dan pengembangan (Research and Development). tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini yaitu: tahap mengidentifikasi potensi dan masalah, tahap mengumpulkan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, dan tahap revisi desain. Instrumen yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media Jambu (Jarum Berputar), Kedua, Purwarupa media ini memuat (1) lembar utama, (2) lembar jarum, (3) lembar materi teks bacaan dan tata bahasa, (4) kartu materi kosakata, (5) kartu evaluasi, dan (6) petunjuk penggunaan media. Ketiga, penilaian pada keseluruhan aspek yang terdiri dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan mendapat total nilai rata-rata 3,78 dengan kategori sangat layak/sangat sesuai, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca siswa kelas XI MA/SLTA. Keempat, perbaikan media Jambu (Jarum Berputar) terdiri dari empat aspek: (1) aspek kelayakan isi mengalami perbaikan pada materi tata bahasa dan menambahkan beberapa contoh, (2) aspek kelayakan penyajian mengalami perbaikan penambahan pertanyaan pada evaluasi kosakata agar lebih bervariasi, aspek kelayakan isi mengalami perbaikan pada materi tata bahasa dan menambahkan beberapa contoh, (3) aspek kebahasaan mengalami perbaikan pada harakat beberapa kata dan kosakata yang tidak sesuai dengan tema, (4) aspek viii kegrafikan mengalami perbaikan pada warna yang kurang serasi, tata letak pada kartu pertanyaan, dan perbaikan penulisan kalimat Arab pada lembar jarum. Seluruh perbaikan yang disampaikan para ahli dan praktisi menjadikan media Jambu ini lebih layak digunakan kedepannya baik dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kebahasaan, maupun kegrafikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Jarum Berputar, Keterampilan Membaca Bahasa Arab
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:02
Last Modified: 03 Jun 2024 08:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62775

Actions (login required)

View Item View Item