PENGEMBANGAN METODE EDUTAINMENT UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI DI KABUPATEN SEMARANG


Annisa Rosvianti, 2303419019 (2023) PENGEMBANGAN METODE EDUTAINMENT UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303419019- Annisa Rosvianti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang terjadi pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas V MI, diantaranya yaitu: (1) Kurangnya minat siswa dalam mempelajari keterampilan berbicara bahasa Arab, (2) Metode pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa, dan (3) Siswa sering merasa bosan dalam mempelajari bahasa Arab. Akibat permasalahan tersebut pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab belum maksimal, dikarenakan beberapa kendala yang dialami oleh guru ataupun siswa. Oleh karena itu, kegiatan berbicara perlu adanya penyegaran metode pembelajaran yang dapat mendorong semangat belajar siswa dan dapat menarik minat siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan metode Edutaiment. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan metode pembelajaran Edutainment untuk keterampilan berbicara bahasa Arab, (2) Bagaimana purwarupa metode pembelajaran Edutainment untuk keterampilan berbicara bahasa Arab, dan (3) Bagaimana validasi ahli dan praktisi pengajaran bahasa Arab terhadap purwarupa metode pembelajaran Edutainment untuk keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas V MI di Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix method/kuantilatif dengan menggunakan desain penelitian dan pengembangan research and development (R&D) model Hannafin & Pack. Model ini terdiri dari tiga tahap yaitu : (1) tahap penilaian, (2) tahap desain, dan (3) tahap pegembangan dan implementasi. Peneliti hanya menyelesaikan sampai tahap kedua, yaitu tahap revisi setelah validasi ahli dan guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah siswa dan guru membutuhkan metode yang dapat meningkatkan semangat dan minat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Purwarupa metode pembelajaran dibukukan dengan bentuk booklet yang disusun seperti RPP berdasarkan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka belajar. Kemudian hasil penilaian ahli metode, ahli bahasa, dan guru sebagai praktisi terhadap Metode edutainment untuk keterampilan berbicara bahasa Arab siswa Kelas V MI di Kabupaten Semarang secara keseluruhan memperoleh skor total 357,9 termasuk dalam kategori layak dengan predikat bagus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Edutainment, Keterampilan Berbicara Bahasa Arab.
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:51
Last Modified: 03 Jun 2024 07:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62772

Actions (login required)

View Item View Item