Survei Persepsi Guru Non Penjasorkes Terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMA Negeri Se-Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung Tahun 2009

Agus Triyanto, 2009 (2009) Survei Persepsi Guru Non Penjasorkes Terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMA Negeri Se-Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung Tahun 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Survei Persepsi Guru Non Penjasorkes Terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMA Negeri Se-Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung Tahun 2009) - Published Version
Download (19Kb)

    Abstract

    Agus Triyanto. 2009. Survei Persepsi Guru Non Penjasorkes Terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMA Negeri Se-Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung Tahun 2009. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama: Drs. Mugiyo Hartono, M.Pd , Pembimbing Pendamping: Andry Akhiruyanto, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : persepsi dan kinerja Dalam penelitian ini permasalahan yang diangkat adalah bagaimana persepsi guru non-Penjasorkes tehadap Kinerja guru Penjasorkes SMA Negeri Se-Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung Tahun 2009. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru non-Penjasorkes tehadap Kinerja guru Penjasorkes SMA Negeri Se-Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung Tahun 2009. Penelitian ini menggunakan metode survei. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru non-penjasorkes SMA Negeri se-Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung yang berjumlah 145 guru. Objek penelitian sebanyak 103 guru. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru Penjasorkes di SMA Negeri se-Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung menurut persepsi guru non Penjasorkes tergolong baik, terbukti dari tingginya kompetensi kepribadian mencapai 91,63%, kompetensi pedagogik sebesar 77,14%, kompetensi professional sebesar 86,35% dan kompetensi sosial sebesar 87,06%. Guru penjasorkes tersebut memiliki kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial yang baik sehingga perlu dipertahankan dan bahkan perlu ditingkatkan lagi, sedangkan kompetensi pedagogik masuk dalam kriteria sedang. Untuk meningkatkan kinerja guru penjasorkes dalam kompetensi pedagogik dapat dilakukan dengan meningkatkan kreatifitas dalam melaksanakan pembelajaran dan melakukan modifikasi pembelajaran yang lebih menarik, disetiap akhir kegiatan belajar mengajar dilaksanakan evaluasi secara individu maupun klasikal untuk mengetahui tingkat keberhasilan program pembelajaran. Untuk meningkatkan kinerja guru penjasorkes, antara kompetensi yang satu dengan yang lain harus saling mendukung karena setiap kekurangan dalam satu kompetensi akan mempengaruhi kompetensi yang lainnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: persepsi dan kinerja
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 25 Oct 2011 22:34
    Last Modified: 25 Oct 2011 22:34

    Actions (login required)

    View Item