EFEKTIVITAS MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERBAHASA PRANCIS DENGAN TEMA LES ACTIVITÉS QUOTIDIENNE PADA MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS


Uchi Mely Viani, 2301419047 (2023) EFEKTIVITAS MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERBAHASA PRANCIS DENGAN TEMA LES ACTIVITÉS QUOTIDIENNE PADA MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301419047- Uchi Mely Viani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran menulis merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dari ke empat keterampilan lainnya, untuk melatih peserta didik berfikir kritis dan teratur. pada proses pembelajaran menulis terdapat faktor pendukung agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan dapat mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Komponen-komponen ini adalah: pelaksanaan kegiatan, pendidik, pembelajar, strategi pembelajaran, alat bantu pembelajaran. Alat bantu atau media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai penunjang atau pelengkap dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media gambar berseri. Gambar berseri dipilih dalam penelitian ini karena memiliki daya tarik tersendiri berupa visualnya, sehingga dengan menggunakan gambar berseri diharapkan dapat menghilangkan rasa bosan dan dapat membantu dalam pembelajaran menulis, disamping hal tersebut visualisasi dari gambar berseri tersebut dapat menarik perhatian mahasiswa sehingga menimbulkan motivasi. Jadi dalam kegiatan pembelajaran menulis peran motivasi sangat diperlukan, jika mahasiswa memiliki motivasi belajar maka akan mempengaruhi hasil belajarnya yaitu akan memperoleh hasil yang bagus dan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidak penggunaan media gambar berseri pada pembelajaran menulis bahasa Prancis mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis. Penelitian ini menggunakan metode “one group-pre-test post-test design”. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis yang berjumlah 41 orang. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu Variabel bebas (X) yaitu media pembelajaran berupa gambar berseri dan variabel terikat (Y) yaitu hasil menulis mahasiswa semester II pendidikan bahasa Prancis. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Hasil nilai rata-rata pre-test yang diperoleh sebesar 53,90 dan hasil post-test sebesar 60,97, kemudian dilakukan perhitungan dengan uji t-test, hasilnya thitung > ttabel, yaitu 3,325>1,684. Dengan db = 41, signifikasi 5% . Maka Ha yang berbunyi penggunaan emdia gambar berseri efektif digunakan pada pembelajaran menulis diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gambar berseri, Pembelajaran menulis.
Subjects: P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:17
Last Modified: 03 Jun 2024 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62754

Actions (login required)

View Item View Item